Inilah 8 Oleh-Oleh Khas Padang yang Terpopuler

Keripik Sanjai Balado

Banyak hal yang bisa dilakukan di Kota Padang, seperti menikmati pemandangan indah, mencicipi makanan khas yang serba nikmat, dan tentu saja membeli oleh-oleh khas Padang yang sangat beragam. Oleh-oleh dari Padang bukan hanya berupa makanan, tetapi juga cenderamata lainnya.

8 Oleh-Oleh Khas Padang yang Wajib Dibawa Pulang

Selain memiliki banyak destinasi wisata yang menarik, kota ini juga terkenal dengan produk-produk khas yang cocok untuk dibawa pulang sebagai buah tangan. Nah, jika suatu saat Anda berwisata ke sini, jangan lupa membeli oleh-oleh berikut ini.

1. Rendang Daging Sapi

Padang sangat identik dengan rendang, yaitu olahan daging yang memiliki cita rasa khas, yang dihasilkan dari rempah-rempah dan cara memasaknya yang unik. Begitu nikmatnya rendang membuat makanan ini pernah dinobatkan sebagai kuliner paling lezat versi CNN pada tahun 2017. Anda bisa membelinya di pusat oleh-oleh khas Padang dengan harga sekitar Rp55.000 per 250 gr.

Rendang Padang
Rendang Padang (Foto: http://masteresep.com/)

2. Keripik Sanjai Balado

Nama ‘sanjai’ berasal dari nama jalan di tempat asal para pembuat keripik ini, yaitu di Desa Manggis Gantiang Sanjai. Dibuat dari singkong, keripik sanjai dijual dengan tiga varian rasa, yaitu rasa balado (pedas), tawar, dan asin.

Keripik Sanjai Balado
Keripik Sanjai Balado (foto: apasih.web.id)

Baca juga: 5 Tempat Wisata Di Sumatera Barat yang Wajib Kamu Kunjungi!

3. Kerupuk Jangek

Kerupuk jangek dibuat dari kulit sapi/kerbau yang direbus, kemudian dibakar untuk menghilangkan bulunya. Setelah itu, kulit dijemur selama dua hari, lalu digoreng. Selain rasa original, kerupuk jangek juga tersedia dalam varian rasa balado dan pedas manis.

4. Gelamai Padang

Sepintas, gelamai tampak seperti dodol atau jenang, tetapi rasanya sedikit berbeda. Selain beras ketan, santan, dan gula aren yang juga merupakan bahan utama dodol, gelamai Padang juga menggunakan kacang tanah sangrai. Semua bahan tersebut dimasak dalam kuali dan diaduk selama 4 jam nonstop. Setelah kental dan lengket, adonan dipotong-potong atau dicetak.

Galamai Padang
Galamai Padang (foto: harianhaluan.com)

5. Bolu Batik

Tampilannya cantik, rasanya enak. Itulah bolu batik, salah satu oleh-oleh khas Padang yang juga sangat populer. Kue ini berupa bolu gulung yang bagian luarnya dihiasi aksen gambar batik yang tampak seperti asli. Selain menarik dilihat, bolu ini juga memiliki cita rasa yang sangat enak sehingga banyak diburu para pelancong.

6. Karak Kaliang

Karak Kaliang adalah jajanan dari ubi kayu dengan rasa gurih-asin dan renyah serta berbentuk menyerupai angka 8. Rasa gurih-asinnya berasal dari bumbu bawang putih dan garam. Dengan bahan yang sederhana, karak kaliang dijual dengan harga yang sangat murah, hanya Rp5.000 per bungkus.

Baca juga: 7 Keunikan Rumah Gadang Sumatera Barat

7. Mukena Kerancang

Mukena kerancang sudah cukup lama dikenal di dunia fashion muslim. Kerancang sendiri adalah seni menyulam khas yang dapat menghasilkan lubang-lubang pada kain dengan aneka ukuran. Untuk membuat sebuah mukena, dibutuhkan waktu 12 hari hingga 2 bulan. Mukena kerancang ditawarkan dengan harga dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

8. Kain Songket

Oleh-oleh lainnya yang juga tidak kalah menarik adalah kain songket. Selain berupa lembaran kain, songket juga hadir dalam bentuk tas, sarung, pakaian jadi, selendang, dan lain sebagainya. Harga songket sangat bervariasi, tergantung pada motif, kehalusan, dan tingkat kerumitan proses pembuatannya.

Kain Songket
Kain Songket (foto: pesona-minangkabau.blogspot.com)

Rekomendasi Tempat Berburu Oleh-Oleh di Padang

Untuk mendapatkan beragam oleh-oleh khas Minangkabau, ada beberapa tempat yang direkomendasikan karena menyediakan banyak pilihan dengan harga yang terjangkau, yaitu:

    • Pusat Oleh-Oleh Ummi Aufa Hakim: merupakan pusat oleh-oleh terbesar di Kota Padang, dengan alamat Jl. Veteran No. 59, Purus.
    • Pusat Oleh-Oleh Minang Sepakat: terletak di Jl. By Pass KM 8, Ketaping, Padang
    • Pusat Oleh-Oleh Fauzi: lokasinya masih berada di Jl. By Pass KM 8, Ketaping, Padang, tidak jauh dari Pusat Oleh-Oleh Minang Sepakat.

Baca juga: 8 Masjid Termegah & Terbesar di Indonesia

Demikianlah informasi singkat mengenai oleh-oleh khas Padang yang “rancak bana”. Jadi, jangan lupa untuk menyiapkan anggaran khusus untuk membelinya. Dengan membawa pulang cendera mata, perjalanan wisata ke Padang takkan terlupa.

Baca juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *