Barang Bawaan yang Wajib Dibawa saat Pandemi COVID-19

masker muka

Sejak bulan Januari 2020, seluruh dunia dipaksa untuk takluk pada penyakit COVID-19 yang disebabkan virus corona. Adanya virus ganas tersebut memaksa manusia hidup dengan kebiasaan baru untuk memperkecil kemungkinan terpapar, termasuk kebiasaan saat bepergian. Untuk itu, Anda perlu tahu apa saja barang bawaan saat pandemi agar Anda beraktivitas dengan lebih aman.

6 Barang Bawaan saat Pandemi

Sudah tidak terhitung lagi berapa nyawa harus melayang menjadi korban keganasan virus corona. Kondisi ini diperparah dengan tidak disiplinnya orang terhadap protokol kesehatan yang dianjurkan untuk meminimalisir terjadinya paparan dan penularan.

Kita bisa memulainya dari diri sendiri untuk melakukan sesuatu demi memperlambat laju penularan virus COVID-19. Bagaimanakah caranya? Mulailah dengan tidak melupakan barang bawaan saat pandemi untuk memenuhi protokol kesehatan. Apa saja? Berikut daftarnya.

1. Masker

Masih banyak orang yang sangat sulit untuk disiplin memakai masker ketika pergi keluar rumah. Mereka menganggap memakai masker hanya membuat susah bernapas dan tidak nyaman. Perlu diketahui bahwa virus corona menular melalui droplet yang masuk lewat mulut, hidung, dan mata. Ukuran virus yang sangat kecil pada droplet orang yang terpapar tidak bisa dilihat dengan mata biasa.

Masker merupakan cara paling mudah untuk memperkecil risiko kita terpapar virus yang berasal dari droplet tersebut. Lapisan pada masker akan mencegah masuknya virus ke dalam mulut dan hidung sehingga kita tidak terinfeksi. Oleh sebab itu, mulai sekarang, jangan lupa untuk memasukkan masker dalam daftar barang bawaan saat pandemi COVID-19 ke mana pun Anda pergi.

2. Face Shield

Virus corona bisa masuk melalui mata yang tidak mungkin tertutup oleh masker. Inilah gunanya benda yang dinamakan face shield. Benda yang bentuknya mirip dengan kacamata las tetapi terbuat dari bahan sejenis plastik tersebut bisa melindungi mata kita

Benda bernama face shield ini juga cocok dipakaikan pada anak-anak ketika mereka terpaksa harus keluar rumah. Demi keamanan yang maksimal, gunakan face shield dan masker bersamaan saat harus melakukan aktivitas di luar rumah dan bertemu banyak orang.

Face Shield
Face Shield

Baca juga: 6 Tips Aman Menginap Hotel saat Pandemi COVID-19

3. Hand Sanitizer

Pada awal pandemi COVID-19 yang lalu, hand sanitizer sempat menghilang dari pasaran karena semua orang membutuhkannya. Cairan antiseptik tersebut biasanya digunakan orang sebagai pengganti sabun untuk mencuci tangan.

Sekarang, hand sanitizer telah menjadi salah satu dari barang bawaan saat pandemi yang harus selalu ada di saku atau tas Anda. Apalagi, hand sanitizer tersedia dalam kemasan botol kecil sehingga mudah dibawa ke mana saja.

Alkohol dalam hand sanitizer mampu membunuh virus corona yang secara tidak sengaja menempel di tangan kita atau benda lainnya. Disarankan untuk membawa cairan antiseptik dengan kandungan alkohol setidaknya 60%.

4. Tisu Antiseptik

Selain cairan antiseptik, pada masa pandemi ini, sebaiknya Anda juga selalu membawa tisu basah, khususnya tisu basah yang memiliki kandungan zat antiseptik. Tisu ini selain bisa digunakan untuk membersihkan tangan juga bisa dijadikan lap untuk meja dan alat-alat lainnya. Kalau tidak ada tisu basah, Anda bisa membawa tisu biasa.

Baca juga: 6 Tips Aman Naik Pesawat Terbang saat Pandemi COVID-19

5. Desinfektan

Jangan lupa juga untuk membawa cairan desinfektan di dalam tas Anda saat pergi. Fungsi dari cairan desinfektan hampir sama dengan hand sanitizer, yaitu untuk melemahkan dan membunuh virus. Hanya saja, jika hand sanitizer dipakai pada tangan, cairan desinfektan digunakan untuk mensterilkan benda-benda di sekitar kita. Agar lebih mudah disimpan di dalam tas, gunakan botol semprot.

Desinfektan
Desinfektan

6. Peralatan Pribadi

Sebelum terjadinya pandemi, mungkin Anda termasuk orang yang suka berbagi peralatan dengan teman-teman. Ubah kebiasaan ini mulai sekarang untuk mencegah terjadinya penularan virus corona. Seperti dikatakan sebelumnya bahwa penyebaran dan penularan COVID-19 adalah melalui droplet yang masuk lewat mulut, mata, dan hidung.

Oleh sebab itu, usahakan untuk tidak berbagi peralata pribadi, terutama yang langsung bersentuhan dengan mata, hidung, dan mulut. Contohnya adalah peralatan makan, minum, perlengkapan ibadah seperti sajadah, mukena, dan lain sebagainya. Lebih baik, bawalah peralatan pribadi tersebut di dalam tas ke mana pun Anda pergi sehingga terjamin kebersihannya.

Nah, itulah beberapa jenis barang bawaan saat pandemi yang tidak boleh Anda lupakan. Sedikit repot tentunya tidak masalah karena hal ini sangat penting demi menjaga keselamatan diri Anda sendiri.

Baca juga: Inilah 8 Oleh-Oleh Khas Padang yang Terpopuler

Baca juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *