6 Tips Aman Menginap Hotel saat Pandemi COVID-19

Menginap di hotel saat pandemi

Masa pandemi COVID-19 hingga saat ini belum selesai. Namun, berbagai aktivitas harus tetap berjalan, terutama yang berkaitan dengan pekerjaan. Meskipun begitu, kita tidak boleh lengah begitu saja. Apalagi berbagai daerah di Indonesia memiliki aturan sendiri-sendiri untuk mengatasi masalah wabah ini. Ketika Anda harus bepergian ke luar daerah pun, antisipasi terhadap virus ini masih harus tetap dijalankan.

Begitu juga ketika Anda diharuskan menginap di hotel. Anda tidak pernah tahu siapa saja yang baru menempati ruangan tersebut. Meskipun pihak hotel tentu saja akan sangat menjaga protokol kesehatan di tempat mereka, Anda tetap harus melindungi diri dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diharapkan. Untuk itu, simak tips aman menginap di hotel saat masa pandemi COVID-19 yang dapat dilakukan berikut ini.

Tips Aman Menginap di Hotel di Tengah Wabah

Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sudah mengeluarkan pedoman layanan hotel selama masa pandemi ini. Panduan ini diharapkan untuk diterapkan oleh semua pengelola hotel untuk memutus rantai penyebaran COVID-19. Meski demikian, sebagai tamu, Anda juga perlu melakukan tips-tips berikut untuk meminimalkan risiko tertular virus.

1. Cek Lokasi Hotel

Sebelum memutuskan untuk menginap di sebuah hotel, sangat penting bagi Anda untuk mengecek lokasi hotel tersebut. Carilah informasi apakah hotel tersebut berlokasi di zona aman atau tidak. Anda harus mencari informasi sampai lingkup terkecil (desa/kelurahan) karena meskipun sebuah kota masuk zona merah, tidak semua wilayah di dalam kota tersebut memiliki status yang sama.

Jika memungkinkan, pilihlah hotel yang berlokasi di wilayah yang relatif aman sehingga Anda bisa beraktivitas dengan lebih tenang. Akan tetapi, hal ini jangan sampai membuat Anda lengah karena status ini bisa berubah setiap saat. Jadi, tetaplah waspada.

2. Ikuti Aturan Protokol Kesehatan Hotel

Masa pandemi seperti sekarang ini mengharuskan setiap hotel yang beroperasi menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan pengunjung serta seluruh pegawai di hotel tersebut.

Oleh karena itu, ketika Anda memasuki lingkungan hotel dan staf melakukan pengecekan kesehatan, patuhilah prosedur tersebut. Cara ini juga merupakan tips aman menginap yang sangat penting untuk menjaga diri Anda sendiri dan orang lain.

Mereka akan mengecek kondisi suhu tubuh, riwayat perjalanan, bahkan bisa juga Anda akan diminta surat keterangan hasil rapid test atau semacamnya yang membuktikan bahwa Anda bebas COVID-19. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga keamanan tamu-tamu sehingga dapat menginap dengan tenang. Mengikuti aturan protokol kesehatan yang diterapkan di hotel akan membuat Anda aman dan nyaman menginap.

Baca juga: 6 Tips Aman Naik Pesawat Terbang saat Pandemi COVID-19

3. Selalu Membawa Desinfektan

Untuk menjaga keamanan, setiap hotel pasti akan rutin melakukan desinfeksi di seluruh bagian hotel. Namun, tidak ada salahnya jika Anda membawa desinfektan sendiri yang siap pakai sehingga pada saat akan menggunakan kamar, Anda bisa menyemprotkan desinfektan terlebih dahulu. Cara ini akan membuat Anda semakin aman dan yakin untuk menginap. Tips aman menginap di hotel ini akan membuat Anda lebih tenang.

Desinfektan & Masker

4. Hindari Kontak Fisik

Tips aman menginap di hotel berikutnya adalah hindari kontak fisik baik dengan manusia maupun benda-benda di tempat umum, misalnya pada saat akan check in atau melakukan aktivitas apa pun di hotel. Jika Anda terpaksa harus menyentuh barang, segera cuci tangan Anda atau gunakan hand sanitizer. Selain itu, ketika staf hotel mengantarkan Anda ke kamar, jangan lupa untuk menjaga jarak.

Untuk urusan transaksi, pilihlah metode cashless sehingga Anda tidak perlu menyentuh uang. Cara ini berguna untuk meminimalisir penyebaran virus yang kemungkinan menempel pada lembaran uang mngingat uang adalah benda yang sering dipegang dan berpindah dari satu orang ke orang yang lainnya.

Baca juga: Barang Bawaan yang Wajib Dibawa saat Pandemi COVID-19

5. Memilih Makan di Kamar

Umumnya setiap hotel akan menyediakan fasilitas untuk sarapan. Ketika sarapan ini, mereka akan menentukan waktunya sehingga para tamu tentu akan menikmati hidangan pada saat yang sama. Keadaan ini pastinya akan ramai karena makan berbarengan. Untuk menjaga keamanan saat menginap di hotel, hindarilah untuk makan bersama dengan orang banyak. Cara ini adalah tips aman menginap di hotel.

makan di dalam kamar hotel
Makan di dalam kamar hotel

6. Pilih Kamar dengan Ventilasi Besar

Virus corona dengan mudah menyebar di ruangan tertutup dan dengan ventilasi yang terbatas. Oleh karena itu, Anda dapat meminta staf hotel untuk menyiapkan kamar yang memiliki ventilasi besar. Sebaiknya, pilihlah kamar yang memiliki balkon sehingga sirkulasi udaranya lebih bagus dan sehat.

Baca juga: 8 Pusat Oleh-oleh Bandung yang Paling Terkenal

Baca juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *