10 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Pontianak

Lempok Durian

Pontianak merupakan ibu kota Kalimantan Barat yang dilintasi garis khatulistiwa. Memiliki keistimewaan tersebut, tak ayal jika banyak pelancong membidiknya sebagai destinasi wisata yang menarik dikunjungi. Tak hanya tempat wisatanya yang menarik, aneka oleh-oleh khas Pontianak pun patut Anda coba.

10 Oleh-Oleh Khas Pontianak yang Wajib Dicoba

Buah tangan dari Pontianak begitu beragam, dari kuliner yang bercita rasa gurih dan manis sampai pernak-pernik khas Dayak yang begitu unik. Jadi, selepas mengunjungi Tugu Khatulistiwa, Pantai Pasir Panjang, Sinka Island Park, dan tempat wisata lainnya, cobalah beberapa rekomendasi oleh-oleh berikut ini.

1. Bingke

Kue khas Pontianak ini berbentuk kelopak bunga. Berbahan dasar tepung beras, cita rasanya begitu dominan dengan rasa manis dan memiliki tekstur yang lembut. Bingke yang merupakan oleh-oleh khas Pontianak ini juga memiliki berbagai varian rasa mulai dari coklat, susu, durian, kacang, keju, dan lain-lain.

Bingke
Bingke (foto: bingkealhisyam.wordpress.com)

2. Pisang Srikaya

Sekilas, olahan pisang ini tampak seperti pisang goreng pada umumnya. Namun, adanya tambahan selai srikaya di bagian atas membuat cita rasa kudapan ini makin legit. Tekstur pisangnya pun lebih renyah. Anda bisa menyantap pisang srikaya ini sebagai camilan saat minum teh atau kopi.

Baca juga: 5 Hal yang Bisa Dilakukan di Taman Nasional Tanjung Puting

3. Manisan Kandis Salju

Makanan dengan rasa manis ini merupakan olahan buah asam kandis yang telah dikeringkan. Asam kandis yang terkenal dengan rasanya yang asam dan segar dicampur dengan gula sehingga menghasilkan perpaduan rasa manis dan asam yang unik.

4. Stik Talas

Sesuai dengan namanya, oleh-oleh khas Pontianak ini berbahan dasar talas. Bagi Anda pecinta camilan dengan rasa gurih dan bertekstur renyah, makanan yang biasanya dikemas dengan plastik ini cocok dijadikan buah tangan. Varian rasa yang bisa Anda dapatkan di antaranya BBQ, keju, balado, dan original.

Stik Talas
Stik Talas (foto: chanelmuslim.com)

5. Sirup Sengkit

Jika di Medan Anda menemukan sirup markisa sebagai buah tangan khas, maka di Pontianak ada yang namanya sirup sengkit. Sirup sengkit merupakan buah tangan berupa minuman berbahan jeruk nipis yang diolah sedemikian rupa.

Rasa minuman ini sangat unik karena memiliki perpaduan asam dan manis. Dibuat secara tradisional, tentu saja rasa dan keasliannya sangat terjamin. Selain segar, sirup sengkit juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh karena kaya vitamin C.

Baca juga: 8 Objek Wisata Hits di Derawan

6. Lempok Durian

Lempok durian hampir mirip dengan dodol yang ada di Jawa. Bedanya, komposisi buah duriannya lebih banyak sehingga aromanya begitu menguar. Bagi pecinta olahan durian, kudapan legit ini sangat cocok menjadi buah tangan setelah mengunjungi Pontianak.

Lempok Durian
Lempok Durian (foto: wowkeren.com)

7. Kerupuk Lidah Buaya

Kudapan unik ini terbuat dari daging tanaman lidah buaya yang sudah dicampur telur, tepung tapioka, dan aneka bumbu lainnya. Kerupuk yang biasanya dikemas dalam kotak ini sangat digemari wisatawan.

Untuk mengonsumsi kerupuk lidah buaya, Anda harus menggorengnya terlebih dahulu karena oleh-oleh ini umumnya dijual dalam kondisi masih mentah. Harganya juga cukup terjangkau, mulai dari Rp15.000 sampai Rp35.000 per boks.

8. Keripik Pisang Segedong

Meskipun keripik pisang merupakan camilan yang sudah biasa, produksi dari Pontianak ini patut Anda coba. Rasa pisangnya yang legit diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan camilan yang renyah dan gurih.

Nama “Segedong” diambil dari daerah asal pembuatan camilan ini. Dengan harga Rp15.000 per bungkus, tentu saja kudapan lezat ini bisa menjadi opsi oleh-oleh murah meriah tetapi tetap lezat.

9. Juhi Bakar

Juhi bakar merupakan makanan khas Pontianak berbahan dasar sotong. Daging sotong berukuran besar ini kemudian digiling dan diberi racikan bumbu khusus. Kemudian, sotong yang sudah dilumuri bumbu dibakar sampai matang.

Meskipun paling enak disantap langsung, Anda tetap bisa membawanya pulang sebagai buah tangan. Walaupun teksturnya basah, oleh-oleh khas Pontianak ini dapat bertahan hingga 14 hari.

10. Pernak-pernik Suku Dayak

Berkunjung ke Pontianak belum lengkap rasanya tanpa membawa pulang pernak-perniknya suku Dayak. Hiasan dan aksesoris bernuansa etnik memiliki pilihan yang beragam. Umumnya, aksesoris etnik ini terbuat dari kayu dengan warna-warni yang begitu khas.

Di sepanjang jalan di Pontianak maupun di gerai oleh-oleh, Anda bisa dengan mudah menjumpai oleh-oleh etnik ini. Pelancong bisa membeli gelang, dompet, kalung, pajangan dinding, hingga gantungan kunci dengan nuansa Dayak yang begitu indah.

Pernah Pernik Suku Dayak
Pernah Pernik Suku Dayak (Foto: bobo.grid.id)

Baca juga: 8 Destinasi Wisata di Kepulauan Kei yang Mempesona

Itu dia 10 rekomendasi oleh-oleh khas Pontianak yang menarik. Jadi, jika Anda sedang berada di Kota Khatulistiwa ini, jangan lupa sempatkan diri untuk berburu aneka buah tangan khas Pontianak yang begitu unik. Semoga bermanfaat.

Baca juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *