10 Oleh-Oleh Khas Semarang Yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Lumpia e - 10 Oleh-Oleh Khas Semarang Yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Berencana untuk jalan-jalan ke Semarang dalam waktu dekat? Jika iya, maka pastikan untuk membeli oleh oleh khas Semarang yang sangat populer berikut ini. Selain terkenal dengan suasana kotanya yang tenang dan nyaman. Semarang memiliki banyak sekali potensi wisata yang sangat sayang untuk dilewatkan. Mulai dari wisata alam, wisata budaya hingga wisata kuliner bisa Anda temukan di sana.

Liburan ke Semarang memang kurang lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Apalagi, oleh oleh khas dari kota ini terkenal beragam dan terjangkau harganya. Nah, agar tidak bingung saat berada di Semarang ketahui terlebih dahulu beberapa jenis buah tangan yang wajib untuk  Anda bawa pulang.

10 Rekomendasi Oleh Oleh Khas Semarang yang Wajib Anda Beli

1. Lumpia

Lumpia menjadi salah satu oleh-oleh yang sangat populer di kota Semarang. Lumpia sendiri merupakan jajanan yang terbuat dari kulit lumpia yang berisikan rebung atau bambu muda. Jika Anda penasaran dengan harganya bisa membelinya di Lumpia Cik Me Me, Lumpia Gang Lombok dan Lumpia Mbak Lien yang terkenal legendaris.

Lumpia - 10 Oleh-Oleh Khas Semarang Yang Wajib Kamu Bawa Pulang
Lumpia (foto: momtraveler.com)

2. Bandeng Presto

Oleh oleh khas Semarang selanjutnya yang juga sangat terkenal adalah Bandeng Presto. Biasanya untuk oleh-oleh, bandeng presto dikemas ke dalam plastik kedap udara sehingga bisa bertahan hingga beberapa hari. Rasanya yang gurih dan lezat dijamin dapat menggoyang lidah Anda.

3. Wingko Babat

Wingko Babat merupakan salah satu kue tradisional khas Semarang yang terbuat dari tepung besar ketan, kelapa dan gula. Tekstur dari jajanan yang satu empuk dan manis legit sehingga tidak heran jika semua kalangan menyukainya. Nah, untuk harga wingko babat per bijinya biasa dijual sekitar Rp 7000 saja.

Wingko Babat - 10 Oleh-Oleh Khas Semarang Yang Wajib Kamu Bawa Pulang
Wingko Babat (Foto: bimakuru.com)

Baca juga: 7 Makanan Khas Semarang yang Wajib Dicoba!

4. Tumpi

Jika dilihat dari tampilannya, Tumpi merupakan camilan yang hampir mirip dengan rempeyek. Selain dijadikan camilan, Tumpi juga sering dijadikan lauk untuk teman makan nasi. Biasanya tumpi dijual sekitar Rp 70.000 per kilogramnya.

5. Tahu Baxo

Untuk jenis oleh oleh khas Semarang yang satu ini terbilang cukup baru sehingga belum banyak orang yang mengetahuinya. Sesuai dengan namanya, oleh-oleh ini hanyalah tahu yang berisikan bakso sapi dengan cita rasa yang begitu khas. Bagi Anda penggemar makanan bakso wajib untuk mencobanya.

6. Lontong Spekkoek Waiki

Spekkoek Waiki sebenarnya merupakan kue lapis yang dijual dalam kemasan mirip lontong. Untuk ukurannya sendiri relatif kecil kecil dan harganya yang masih terbilang terjangkau. Jika Anda tertarik untuk membelinya bisa datang ke Jalan Senjoyo II No 1.

Lontong Spekkoek Waiki - 10 Oleh-Oleh Khas Semarang Yang Wajib Kamu Bawa Pulang
Lontong Spekkoek Waiki (foto: anekawisata.com)

Baca juga: Inilah 6 Tempat Wisata Semarang yang Populer

7. Kue Sarang Madu

Jika Anda mencari oleh oleh khas Semarang, Kue Sarang Madu wajib Anda masukkan list pembelian. Bahan dasar untuk pembuatan kue ini yaitu tepung beras, santan, dan bumbu unik. Bisanya Kue Sarang Madu dijual seharga Rp 36.000 per dusnya.

8. Moaci Gemini

Moaci Gemini menjadi oleh oleh selanjutnya yang sangat populer beberapa tahun terakhir. Meski bukan asli dari Semarang namun karena adanya sentuhan lokal dari masyarakat setempat membuat cita rasanya semakin unik. Bagi Anda yang penasaran dengan rasanya bisa langsung datang ke Moaci Gemini yang ada di jalan Kentangan Barat.

Moaci Gemini - 10 Oleh-Oleh Khas Semarang Yang Wajib Kamu Bawa Pulang
Moaci Gemini (Foto: anekatempatwisata.com)

9. Roti Ganjel Rel

Meski sudah jarang dijumpai, tidak ada salahnya untuk memasukkan Roti Ganjel Rel dalam list pilihan oleh-oleh yang wajib dibeli. Salah satu keunikan dari roti ini yaitu cita rasa kayu manis yang begitu kuat. Sehingga membuat rasanya semakin enak dan lezat.

10. Batik Semarang

Satu lagi oleh oleh khas Kota Semarang yang tidak boleh dilewatkan adalah Batik Semarang. Seperti yang diketahui, Semarang terkenal dengan batiknya yang cantik dan unik. Bahkan motif yang dihadirkan terbilang khusus dan berbeda dari batik daerah lainnya. Untuk harganya mulai dari Rp 100.000 per meter. Sangat terjangkau, bukan?

Baca juga: 5 Museum Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi!

Itulah kesepuluh oleh oleh khas Semarang yang wajib untuk Anda bawa pulang. Semoga liburan Anda di Semarang bersama orang-orang tercinta menyenangkan dan berkesan.

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *