Inilah 8 Tempat Wisata Lombok Timur Yang Paling Menarik

Gunung Rinjani

Tempat wisata Lombok Timur sangat beragam, mulai dari pulau – pulau kecil hinga puncak gunung. Spot wisata yang beragam menjadikan Lombok Timur sebagai salah satu tujuan favorit para wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Keindahan alam yang masih bersih dan belum tersentuh polusi dapat dinikmati dan menjadikan liburan menjadi berkesan. Ini adalah beberapa tempat wisata paling menarik di Lombok Timur.

8 Tempat Wisata Lombok Timur yang Paling Menarik

1. Gunung Rinjani

Siapa yang tak kenal dengan Gunung Rinjani. Para pendaki gunung pasti tahu wisata alam yang membentang di wilayah tiga kabupaten Lombok ini. Di sepanjang perjalanan mendaki Gunung Rinjani, akan tersaji pemandangan alam yang luar biasa. Selain itu tempat berkemah yang disediakan pun begitu istimewa.

Tujuan para pendaki tentu saja hanya satu yaitu mencapai puncak gunung. Tetapi Anda dapat turun ke kawah Rinjani dan menikmati suasana di tepi Danau Segara Anak. Gunung Rinjani dipercaya sebagai tempat suci oleh masyarakat Hindu, jadi sebaiknya jika ingin tetap aman patuhi larangan – larangan dan lakukan hal yang dianjurkan. Gunung ini tergolong sebagai gunung berapi aktif.

Gunung Rinjani
Gunung Rinjani (foto: https://www.antarkita.com)

2. Gili Kondo

Gili Kondo merupakan salah satu dari gugusan pulau kecil yang ada di Selat Alas. Pulau ini berada di antara Lombok dan Sumbawa berdampingan dengan Gili Bidara. Seperti gugusan pulau Gili lainnya, Gili Kondo memiliki pesona alam yang eksotis. Sebagian Gili Kondo terdiri dari pasir putih.

Ketika berdiri di pinggir pantai Gili Kondo, tidak hanya keindahan pantai tetapi juga panorama Gunung Rinjani dan Pulau Lombok dapat terlihat dengan indahnya. Tidak perlu khawatir ketika berkunjung ke pulau ini, karena ada beberapa penginapan untuk wisatawan. Gili Kondo juga sangat pas bagi pecinta fotografi.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Mandalika Lombok yang Wajib Kamu Kunjungi

3. Tanjung Ringgit

Tanjung Ringgit merupakan tempat wisata Lombok Timur  yang sangat unik. Bagaimana tidak, pengunjung disuguhkan dengan keindahan tebing tinggi yang bertabrakan dengan laut biru. Keindahan alam Tanjung Ringgit yang cantik saat diabadikan dalam foto menjadikan spot wisata ini banyak dikunjungi para fotografer.

Pantai berpasir putih yang dimiliki Tanjung Ringgit juga sangat cocok untuk bersantai dan menghilangkan penat. Wisatawan juga diperbolehkan untuk bermain air sepuasnya di pantai Tanjung Ringgit. Selain itu Tanjung Ringgit memiliki goa raksasa yang menjadi tempat bagi para kelelawar.

Tanjung Ringgit Lombok
Tanjung Ringgit Lombok (foto: Fadil Basymeleh)

4. Tetebatu

Tetebatu adalah salah satu desa yang ada di sisi tenggara kaki Gunung Rinjani. Jika ingin melihat tradisi masyarakat Sasak yang masih asli, dianjurkan untuk mengunjungi desa ini. Tetebatu juga kaya akan budaya yang masih relatif murni, belum tercampur dengan modernitas.

Keindahan alam di Tetebatu juga patut diacungi jempol. Desa yang berbentuk memanjang ini menyuguhkan pesona yang akan membuat siapa pun betah berlama – lama berada di sana. Tetebatu terkenal sebagai “Ubud” pulau Lombok. Alasannya karena sawah bertingkat yang indah dimiliki oleh desa ini.

5. Pantai Kaliantan

Pernah mendengar upacara Bau Nyale? Kegiatan seremonial yang dilakukan oleh suku Sasak ini dilakukan di Pantai Kaliantan. Upacara perburuan cacing laut ini berlangsung sekitar bulan Februari dan Maret.

Pantai Kaliantan sendiri salah satu pantai di Lombok Timur dengan pemandangan yang indah. Keistimewaan dari pantai ini adalah aktivitas olahraga air yang ditawarkan, misalnya Kite Surfing. Para wisatawan luar negeri biasanya memilih melakukan Kite Surfing di Pantai Kaliantan karena garis pantai yang luas di pantai sangat ideal untuk melakukan olahraga ini.

Baca juga: 7 Makanan Khas Lombok Yang Boleh Dicoba!

6. Pantai Tangsi

Tempat wisata Lombok Timur selanjutnya yang patut dikunjungi adalah Pantai Tangsi. Pantai ini terletak di desa Sekaroh, Kecamatan Jerowari, Kabupaten Lombok Timur. Pantai Tangsi juga terkenal dengan sebutan Pantai Pink. Hal ini dikarenakan warna pasir pada pantai ini berwarna pink.

Pantai Tangsi adalah satu dari tujuh pantai di dunia yang memiliki pasir berwarna pink. Ketika mengunjungi pantai ini, selain menikmati keindahan alam Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas. Snorkeling, memancing, dan menyelam dapat dilakukan di pantai ini.

Pantai Pink Lombok
Pantai Pink Lombok (Foto: instagram.com/multisiahaan/)

7. Air Terjun Mangku Sakti

Air Terjun Mangku Sakti merupakan salah satu air terjun yang berada di kaki Gunung Rinjani. Lokasi air terjun tepatnya berada di Desa Sajang, Sembalun, Lombok Timur. Konon air terjun ini adalah aliran air dari danau di kawah Rinjani, Danau Segara Anak. Berada di kawasan Air Terjun Mangku Sakti memberi kesan sejuk khas pegunungan.

Dikelilingi oleh berbagai jenis bebatuan yang unik dan khas, air terjun memiliki aliran air yang cukup deras. Kolam air di bawah air terjun yang berwarna hijau toska dan kesegarannya akan membantu dalam menghilangkan lelah. Untuk akses nya sendiri masih terbilang sulit karena harus melewati hutan. Agar tidak tersesat sebaiknya gunakan jasa pemandu berpengalaman.

8. Air Terjun Jeruk Manis

Tempat wisata Lombok Timur yang terakhir dan patut dikunjungi adalah Air Terjun Jeruk Manis. Terletak di Taman Nasional Gunung Rinjani, air terjun ini termasuk dalam wilayah yang dilindungi. Untuk akses menuju air terjun terbilang mudah. Hanya dengan memasuki kantor taman nasional, lalu berjalan kaki menyusuri hutan untuk mencapai lokasi air terjun.

Kepercayaan masyarakat sekitar, bahwa Air Terjun Jeruk Manis memiliki khasiat. Air nya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Selain itu ada pula yang mengatakan bahwa dengan air dari Air Terjun Jeruk Manis akan membantu menyehatkan dan menumbuhkan rambut.

Air Terjun Jeruk Manis
Air Terjun Jeruk Manis (foto: backpackerjakarta.com)

Baca juga: Liburan ke Lombok, Jangan Lupa Bawa 5 Oleh-oleh ini!

Itulah tempat wisata Lombok Timur yang patut untuk dikunjungi. Entah itu untuk berolah raga atau sekedar melepas penat dari padatnya aktivitas sehari – hari. Sebaiknya jika ingin mengunjungi Lombok Timur, luangkan waktu paling tidak 3 hingga 4 hari. Ini bertujuan agar dapat menikmati seluruh panorama alam yang dimiliki dan tidak terburu – buru.

Baca juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *