8 Tempat Wisata di Kepulauan Natuna

Masjid Raya Natuna e1580636759324 - 8 Tempat Wisata di Kepulauan Natuna

Sebagai sebuah kepulauan, sebagian besar tempat wisata Natuna merupakan objek wisata bahari. Namun, sebenarnya banyak destinasi wisata lain yang juga menarik selain laut atau pantai. Berikut ini 8 destinasi wisata yang ada di Kepulauan Natuna yang sangat menarik untuk didatangi.

8 Objek Wisata yang Ada di Kepulauan Natuna

1. Masjid Raya Natuna

Kabupaten Natuna memiliki ikon berupa Masjid Raya Natuna. Dengan luas 5.500 m2, bangunan yang didominasi warna hijau dan kuning ini memiliki kapasitas jamaah hingga 5.000 orang. Masjid ini memiliki arsitektur yang menyerupai Taj Mahal di India dengan dihiasi taman dan sungai sepanjang 1,2 km. Pintu besar dan empat menara setinggi 17 meter membuat Masjid Raya Natuna terlihat megah sehingga menjadi salah satu objek wisata di Natuna yang wajib dikunjungi.

Masjid Raya Natuna - 8 Tempat Wisata di Kepulauan Natuna
Masjid Raya Natuna (foto: pesona.travel)

2. Batu Sindu

Di pantai timur Kota Ranai, Anda akan menemukan sebuah tempat wisata alam berupa kawasan pantai yang dipenuhi batu-batuan granit dengan bentuk dan ukurannya beragam. Batu Sindu, demikian nama salah satu tempat wisata Natuna yang unik ini. Anda bisa menikmati keindahannya melalui sebuah mercusuar yang ada di lokasi.

Batu Sindu - 8 Tempat Wisata di Kepulauan Natuna
Batu Sindu (foto: reportasenatuna.wordpress.com)

3. Pulau Senua

Karena dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai jelmaan seorang wanita hamil, pulau yang terletak di Kecamatan Bunguran Timur ini diberi nama Pulau Senua (senua berarti perempuan hamil). Pulau ini benar-benar eksotis. Perpaduan terumbu karang yang subur, air yang jernih, dan aneka biota laut menyajikan pemandangan bawah laut yang menakjubkan.

Pulau Senua - 8 Tempat Wisata di Kepulauan Natuna
Pulau Senua (foto: goodnewsfromindonesia.id)

Baca juga: 5 Kepulauan Terindah di Indonesia yang Wajib Diketahui!

4. Tanjung Datuk

Tanjung Datuk sangat cocok bagi Anda yang menyukai petualangan. Tempat ini bisa dicapai setelah menempuh perjalanan melewati medan terjal sejauh 60 km dari Ranai. Di sini, Anda bisa puas menikmati pantai berpasir putih bersih, deburan ombak yang menghantam tebing dan kolam-kolam kecil dari karang yang terbentuk secara alami.

5. Pantai Sisi

Pantai Sisi merupakan tempat wisata Natuna yang pernah dinobatkan sebagai pantai alami terbaik di dunia oleh Majalah Islands. Pantai ini menawarkan pemandangan berupa hamparan pasir putih yang berkilauan. Namun, letaknya cukup jauh dari Kota Ranai, yaitu sekitar 10 jam perjalanan menyeberangi lautan.

Pantai Sisi - 8 Tempat Wisata di Kepulauan Natuna
Pantai Sisi (foto: natindonews.com)

6. Pulau Tiga

Terletak di sebelah barat Pulau Bunguran, Pulau Tiga bisa dicapai dengan menyeberangi laut menggunakan kapal kayu kecil yang disebut pompong selama 15 menit. Di sini, Anda bisa menikmati panorama laut dan pantai yang sangat elok serta merasakan kehidupan masyarakat lokal Kepulauan Natuna yang kaya akan budaya.

Baca juga: 5 Pulau Favorit di Kepulauan Seribu yang Wajib Dikunjungi!

7. Alif Stone Park

Sesuai namanya, tempat wisata Natuna yang satu ini berupa taman batuan yang terletak di tepi pantai di Desa Sepempang. Tempat ini menawarkan pemandangan menakjubkan berupa batu-batu granit raksasa berpadu dengan air jernih berkilauan. Anda bisa berjalan dari satu batu ke batu lain melalui rangkaian jembatan kayu yang terletak di antara batu-batuan tersebut.

Alif Stone Park - 8 Tempat Wisata di Kepulauan Natuna
Alif Stone Park (foto: pesona.travel)

8. Air Terjun Gunung Ranai

Seperti objek wisata air terjun pada umumnya, air terjun Gunung Rinai ini juga memiliki letak yang tersembunyi. Untuk mencapainya, Anda harus membelah hutan dan menaiki perbukitan melalui jalan setapak. Namun, semua kesulitan dan rasa lelah akan terbayar oleh pemandangan air terjun yang indah dengan airnya yang jernih dan sejuk.

Air Terjun Gunung Ranai - 8 Tempat Wisata di Kepulauan Natuna
Air Terjun Gunung Ranai (foto: mrsalasanto.wordpress.com)

Cara Pergi ke Kepulauan Natuna

Untuk dapat menikmati objek-objek wisata di atas, Anda terlebih dahulu harus pergi ke Kota Ranai yang terletak di Pulau Natuna. Dari Jakarta, Anda bisa menggunakan pesawat dengan tujuan Natuna yang transit di Batam dan berakhir di Bandara Ranai. Selanjutnya, perjalanan menuju pusat kota bisa ditempuh menggunakan taksi atau angkutan umum.

Demikianlah beberapa tempat wisata Natuna yang bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan. Karena letaknya yang cukup jauh di ujung utara Indonesia, jangan lupa persiapkan waktu dan budget yang cukup.

Baca juga: 8 Destinasi Wisata di Kepulauan Kei yang Mempesona

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *