8 Tempat Wisata di Gorontalo yang Paling Populer

Pulo Cinta 1 - 8 Tempat Wisata di Gorontalo yang Paling Populer

Gorontalo merupakan provinsi yang terbilang masih muda karena baru diresmikan pada tanggal 5 Desember tahun 2000 lalu. Kota Gorontalo yang merupakan ibu kota provinsi ini juga terkenal dengan sebutan “Serambi Madinah”. Selain kemajemukan penduduknya yang menarik, tempat wisata di Gorontalo juga sangat beragam, di antaranya adalah 8 tempat wisata yang akan diulas berikut ini.

8 Pilihan Tempat Wisata di Gorontalo

Provinsi yang berada di Pulau Sulawesi ini memiliki wilayah dataran rendah dan dataran tinggi yang begitu indah. Tak ayal jika pilihan destinasi liburannya pun sangat bervariasi. Nah, berikut ini ulasan lebih lanjut untuk 8 objek wisata yang paling populer di Gorontalo.

1. Masjid Walima Emas Gorontalo

Masjid Walima Emas Gorontalo berlokasi di Bongo, Batudaa Pantai, Gorontalo. Selain sebagai tempat singgah dan beribadah para pelancong serta warga lokal, masjid dengan kubah berwarna emas ini juga merupakan pilihan destinasi paling populer di kalangan para wisatawan. Selain pemandangan yang asri, kubah berjumlah lima dengan bentuk yang unik semakin memperindah bangunan masjid.

Masjid Walima Emas
Masjid Walima Emas (Foto: bintalahe.blogspot.com)

2. Taman Laut Olele

Taman Laut Olele merupakan surganya para pencinta olahraga selam. Bagaimana tidak, panorama alam bawah lautnya begitu semarak dengan aneka warna terumbu karang dan bermacam-macam spesies ikan yang ada. Sebelum menyelam, Anda bisa berjalan-jalan di pasir putih sembari menyantap aneka olahan seafood di pantai yang terletak di Poduoma, Suwawa Timur, Olele, Bone Bolango, Gorontalo.

Baca juga: 8 Tempat Wisata Populer Di Manado

3. Pantai Botubarani

Hiu paus merupakan salah satu satwa laut yang mulai langka. Namun, Anda bisa menyaksikannya di Pantai Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Bone Bolango-Gorontalo. Panorama pantainya juga sangat menawan dengan pasir putih dan udara yang sejuk. Tak heran jika pantai yang berlokasi di ini menjadi salah satu tempat wisata di Gorontalo yang paling populer.

Hiu Paus di Botubarani
Hiu Paus di Botubarani (foto: coolturnesia.com/)

4. Taman Nasional Bogani Nani Wartabone Gorontalo

Taman nasional yang terkenal di Pulau Sulawesi ini, secara administratif masuk ke dalam dua provinsi. Yakni Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara serta Kecamatan Suwawa dan Bonepantai, Bone Bolango, Gorontalo. Dengan vegetasi khas hutan hujan tropisnya, tentu saja ada banyak ekologi menakjubkan yang dapat Anda lihat.

Sebagai cagar alam tempat flora dan fauna tumbuh dan berkembang biak, taman nasional ini juga cocok sebagai opsi untuk wisata edukatif. Anda juga dapat melihat indahnya aneka macam anggrek, bunga-bunga khas hutan, hingga bunga bangkai berjenis Amorphophallus companulatus.

5. Air Terjun Taludaa

Selain wisata bahari, Gorontalo juga menawarkan pilihan tempat liburan berupa air terjun. Salah satunya air terjun Taludaa yang berada di Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Air terjun setinggi 46 meter ini memiliki debit air yang cukup deras. Khusus musim hujan, Anda harus ekstra hati-hati karena aliran airnya akan jauh lebih deras.

Baca juga: 8 Tempat Wisata Makassar yang Wajib Kamu Kunjungi

6. Pulau Saronde

Tempat wisata di Gorontalo selanjutnya yang paling populer adalah Pulau Saronde. Pulau dengan hamparan pasir putih di tiap penjurunya ini menawarkan panorama wisata bahari yang menakjubkan.

Selain dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah, pengunjung juga dapat melakukan snorkeling dan menyelam untuk melihat berbagai jenis terumbu karang di bawah lautnya. Tempat wisata yang juga menyediakan spot untuk makan makanan khas laut ini berada di Kecamatan Ponelo Kepulauan, Gorontalo Utara.

7. Pulo Cinta

Secara sekilas, Pulo Cinta akan mengingatkan Anda pada resort yang ada di Maldives (Maladewa). Selain suasana perairannya yang tenang dengan pasir putihnya yang indah, Anda dapat singgah di resort yang ada di tengah laut.

Liburan dengan kesan yang lebih eksklusif tentu dapat Anda rasakan. Dengan pemandangan birunya air laut, Anda dapat menikmati lezatnya kuliner yang disediakan pengelola. Lokasi Pulo Cinta berada di Patoameme, Butomoito, Kabupaten Boalemo, Gorontalo.

Pulo Cinta
Pulo Cinta (foto: booking.com)

8. Danau Limboto

Danau Limboto merupakan tempat wisata di Gorontalo yang selalu ramai pengunjung. Dengan luas 3.000 hektar, panorama alam yang dihadirkannya akan membuat siapa pun takjub. Selain perairan danaunya yang tenang, udaranya juga sangat sejuk, ditambah hijaunya deretan pepohonan di sekitarnya.

Tempat wisata yang cocok dijadikan area untuk melihat sunset dan sunrise ini juga sangat instagramable. Pengunjung dapat mengarahkan perjalanan ke Kecamatan Limboto-Gorontalo atau 2 km dari pusat kota untuk sampai ke danau eksotis ini.

Baca juga: 8 Objek Wisata Terbaik di Pulau Sumba

Bagaimana, tentu Anda sudah tidak sabar mengunjungi 8 tempat wisata di Gorontalo yang telah disebutkan tadi, bukan? Tunggu apa lagi, segera rancang planning untuk melancong ke tempat-tempat wisata yang memukau tersebut.

Baca juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *