5 Destinasi Wisata Favorit di Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran

Indonesia memiliki 54 taman nasional, termasuk Taman Nasional Baluran yang menyimpan pesona eksotisme ujung timur Pulau Jawa. Terletak di perbatasan Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi, taman ini juga dikenal dengan sebutan Africa van Java. Jika Anda berkesempatan datang ke Jawa Timur, jangan lewatkan 5 destinasi wisata favorit yang ada di taman nasional ini.

5 Objek Wisata Tereksotis di Taman Nasional Baluran

Di antara sekian banyak taman nasional yang ada di Tanah Air, Taman Nasional Baluran termasuk salah satu yang istimewa. Anda akan mendapati pesona alam yang berbeda jika berkunjung ke taman nasional ini pada musim hujan dan musim kemarau.

Pada musim hujan (November–April), taman ini akan didominasi hijaunya pepohonan, rumput, dan bunga-bunga yang bermekaran. Sementara itu, saat musim kemarau tiba (Mei–Oktober), Anda bisa puas menikmati hamparan padang sabana berwarna cokelat kekuningan nan eksotis.

Namun, kapan pun Anda datang, taman seluas 25.000 hektare ini menawarkan keindahan panorama yang tak akan terlupakan. Setidaknya, ada 5 spot menarik yang wajib Anda datangi saat berwisata ke taman nasional di Jawa Timur ini.

1. Hutan Evergreen

Begitu melewati gerbang, Anda akan disambut oleh keindahan kawasan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun sehingga dikenal dengan sebutan Hutan Evergreen. Saat melangkahkan kaki di sini, Anda serasa tengah menyusuri terowongan hutan sepanjang 5 km yang sungguh mempesona.

Selain pohon-pohon yang menjadi ciri khas hutan tropis, Anda juga bisa bertemu dengan berbagai jenis spesies hewan penghuni hutan ini. Di hutan ini, Anda akan bisa dengan mudah menemukan banyak kupu-kupu cantik yang hinggap di genangan-genangan air di dalam hutan. Sungguh pemandangan yang langka dan menakjubkan.

2. Padang Sabana Bekol

Inilah yang menjadi ikon Taman Nasional Baluran dan menjadi incaran para wisatawan. Padang rumput luas bernama Bekol ini akan menyambut Anda setelah menyusuri Hutan Evergreen. Pada musim hujan, padang ini akan berupa hamparan yang serba hijau. Sebaliknya di musim kemarau, warna cokelat rumput yang meranggas akan mendominasi.

Gunung Baluran yang megah dan satwa-satwa yang berkeliaran membuat tempat ini menjadi spot foto yang banyak diincar. Biasanya, para pelancong akan berfoto di bawah sebuah pohon besar yang tumbuh di tengah padang seluas 300 hektar ini.

Padang Savana - 5 Destinasi Wisata Favorit di Taman Nasional Baluran
Padang Savana (foto: pesona.travel)

Baca juga: 5 Hal yang Bisa Dilakukan di Taman Nasional Tanjung Puting

3. Pantai Bama

Berjarak kurang lebih 3 km dari Pada Sabana Bekol, Anda bisa menikmati wajah lain dari Taman Nasional Baluran berupa kawasan pantai. Duduk di hamparan pasir putih yang lembut dan bersih sambil memandang air laut yang biru menghadirkan ketenangan yang membuat Anda sejenak lupa akan hiruk pikuk kehidupan.

Tak hanya pemandangan lautnya yang elok, burung-burung endemik dan monyet ekor panjang yang berkeliaran di bibir pantai melengkapi pesona Pantai Bama. Selain menikmati keindahan pemandangan alamnya, di pantai yang terletak di Selat Bali ini, Anda juga bisa menikmati wisata snorkeling atau bermain kano.

Pantai Bama - 5 Destinasi Wisata Favorit di Taman Nasional Baluran
Pantai Bama (foto: pesona.travel)

4. Hutan Mangrove Bama

Puas menikmati keindahan Pantai Bama, jangan lupa jelajahi hutan mangrove yang terletak tak jauh dari pantai. Untuk menyusuri hutan bakau ini, Anda bisa berjalan di atas jembatan kecil dari kayu yang akan berakhir di sebuah dermaga yang menjorok ke laut dengan pemandangan tak kalah menakjubkan.

5. Pantai Bilik Sijie

Selain Pantai Bama yang sudah sangat terkenal sebagai salah satu spot menarik di kawasan taman, ada Pantai Sijie yang juga tak kalah memesona. Di pantai ini, Anda bisa menikmati ombak yang tenang seraya menunggu matahari terbenam. Gagahnya Gunung Baluran berlatar langit dengan semburat jingga bak lukisan yang begitu sempurna.

Baca juga: 8 Wahana Seru yang Bisa Kamu Temukan di Selecta Batu Malang

Akses dan Harga Tiket

Letak Taman Nasional Baluran sangat strategis, yaitu di jalan raya lintas Situbondo–Banyuwangi KM 35, sehingga sangat mudah diakses dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum, dengan cara sebagai berikut.

    • Kendaraan pribadi: dari arah Surabaya-Ketapang, Anda akan menjumpai gerbang taman sebelum masuk wilayah Kabupaten Banyuwangi.
    • Kendaraan umum: dari terminal Ketapang, Anda bisa naik bus jurusan Ketapang–Surabaya dan langsung turun di depan gerbang taman nasional.

Sebelum masuk ke kawasan taman nasional ini, Anda harus membayar tiket masuk seharga Rp17.500 per orang dan Rp15.000 per mobil. Dibandingkan dengan pemandangan yang bisa Anda nikmati, harga tiket ini tentunya sangat murah, bukan?

Baca juga: 5 Candi yang Terkenal di Indonesia

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *