5 Destinasi Bali Baru Jadi Super Prioritas Pemerintah

labuanbajo

Bali telah dikenal dunia sebagai ikon wisata Indonesia. Namanya banyak dikenal para wisatawan dunia. Oleh karena itu, pemasukan negara dari segi pariwisata di Bali ini telah mencapai targetnya. Melihat dari kenyataan tersebut, pemerintah melakukan langkah strategis untuk mengembangkan tempat wisata lain yang memiliki potensi yang sama. Sehingga, wisatawan yang datang ke Indonesia tidak hanya mengenal Bali saja.

Pemerintah melalui kebijakannya menetapkan lima kawasan strategis pariwisata nasional atau disebut Bali baru. 5 destinasi Bali baru ini kemudian menjadi super prioritas pemerintah untuk dikembangkan infrastrukturnya untuk menunjang kemajuan wisata. Pemerintah mengucurkan dana yang besar untuk pengembangan ini. Apa saja 5 destinasi bali baru yang jadi super prioritas pemerintah? Yuk simak.

5 Destinasi Bali Baru

1. Danau Toba

Danau Toba merupakan salah satu danau alami yang berada di Sumatera Utara. Keunikan danau toba ini yaitu adanya pulau Samosir tepat di tengah-tengah danau tersebut. Para wisatawan yang mengunjungi danau ini akan disajikan pemandangan hamparan bukit menghijau, kesejukan udara dan birunya air Danau Toba. Danau Toba terbentuk karena letusan gunung berapi yang hebat, sehingga meninggalkan lubang.

Danau Toba
Keindahan Danau Toba (foto: penatimor.com)

2. Candi Borobudur

Candi Borobudur terletak di kota Magelang Jawa Tengah. Merupakan salah satu candi Buddha terbesar di dunia. Candi Borobudur disusun oleh lebih dari 2000 relief yang menggambarkan alam semesta. Candi ini dibangun pada masa Dinasti Syailendra sekitar tahun 700 M. Candi yang pernah menjadi tujuh keajaiban dunia kini termasuk dalam kandidat 5 destinasi Bali baru yang menjadi super prioritas pengembangan.

 

Candi Borobudur
Candi Borobudur (Foto: instagram: @mn.irfanfaiz)

3. Mandalika

Siapa sih yang tak mengenal Lombok? Banyak wisatawan yang datang ke Bali kemudian melanjutkan kunjungannya ke Lombok. Tak hanya Bali yang memiliki sejuta pesona wisatanya, Lombok juga memiliki sejuta pesona di pantai-pantai yang eksotis. Salah satunya adalah kawasan wisata Mandalika. Mandalika terletak di kabupaten Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Berkat spot-spot wisata yang berdekatan dan berkumpul di Mandalika, tempat ini sejak 2017 ditetapkan sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK) pratiwisata. Saat ini, Mandalika termasuk dalam 5 destinasi bali baru yang menjadi super prioritas pemerintah. Mandalika dapat Anda gunakan sebagai referensi liburan saat tiba waktu liburan nanti.

 

Pantai Kuta Mandalika
Pantai Kuta Mandalika (foto: jengsusan.com)

Baca juga: 7 Fakta Candi Borobudur yang Belum Kamu Ketahui!

4. Labuan Bajo

Labuan Bajo terletak di Nusa Tenggara Timur yang juga merupakan satu wilayah dengan pulau Komodo. Destinasi wisata ini merupakan destinasi wisata wajib saat wisatawan berkunjung ke pulau Lombok. Selain dapat menikmati sunset yang menakjubkan, wisatawan juga dapat berkunjung ke pulau Komodo. Dimana pulau Komodo ini telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh PBB.

labuanbajo
Pulau Padar, Labuanbajo (Foto: instagram.com/filhaqa)

5. Likupang

Likupang merupakan daerah wisata bahari yang menakjubkan yang terletak di Sulawesi Utara. Likupang diproyeksikan sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK) di Sulawesi. Selain dapat menikmati keindahan pantai, wisatawan dapat menikmati savana di bukit Larata dan pantai Pulisan yang masih satu wilayah dengan Likupang.

Beberapa strategi yang dilakukan oleh pemerintah Sulawesi Utara untuk mengembangkan Likupang. Diantaranya yaitu pengembangan pembangunan infrastruktur seperti restoran, hotel, fasilitas pendukung untuk wisata laut. Serta usaha pengembangan pembangunan penerbangan internasional yang langsung ke Bandara Sam Ratulangi.

Pantai Pulisan di Likupang
Pantai Pulisan di Likupang (foto: zonautara.com)

Baca juga: 7 Tempat Ini Wajib Kamu Kunjungi saat ke Mandalika Lombok

5 Destinasi Bali Baru merupakan kawasan-kawasan strategis pariwisata nasional yang ditetapkan oleh pemerintah dengan status super prioritas. Program pengembangan pariwisata ini mengutamakan pada pembangungan infrastrukturnya terlebih dahulu. Hal ini untuk menunjang aksesbilitas para wisatawan untuk menjangkau tempat tersebut. Serta untuk menunjang kenyamanan wisatawan yang berkunjung.

Baca juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *