10 Tempat Wisata di Purwokerto yang Wajib Dikunjungi

Wisata-Alam-Baturraden

Mengunjungi tempat rekreasi merupakan salah satu alternatif yang bagus untuk mengisi waktu liburan. Purwokerto yang berlokasi di Provinsi Jawa tengah dapat menjadi pilihan. Tempat wisata Purwokerto sangat bervariasi dari segi jenis. Anda dapat menemukan wisata sejarah, wisata alam hingga wisata budaya.

10 Tempat Wisata Purwokerto yang Wajib Dikunjungi

Apabila berkunjung ke kota ini Anda akan menemukan banyak lokasi wisata yang mengagumkan. Sebagian besar dari objek wisata ini sudah banyak dikunjungi oleh masyarakat, namun masih ada tempat yang tidak banyak diketahui.

1. Baturraden

Objek wisata Baturraden merupakan salah satu objek wisata yang menyuguhkan keindahan alam. Lokasinya berada di kaki Gunung Slamet, Desa Karangmangu, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah. Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk menuju tempat wisata ini tidak terlalu lama, hanya berjarak 15 KM dari pusat kota Purwokerto.

2. Pancuran Pitu Baturraden

Pancuran Pitu Baturraden merupakan salah satu alternatif destinasi yang masih berada pada komplek wisata alam Baturraden. Pemandangan yang ada pada tempat wisata ini sangat mempesona. Anda juga dapat menemukan sumber mata air panas yang berasal dari tujuh pancuran.  Kandungan belerang yang ada pada air panas ini dapat menghilangkan segala penyakit kulit.

Pancuran Pitu Baturaden
Pancuran Pitu Baturraden (foto:infopurwokerto.com )

3. Pancuran Telu Baturraden

Lokasi wisata Baturraden memang memiliki banyak pilihan tempat untuk dikunjungi. Pancuran Telu berada di dekat pintu masuk utama. Seperti namanya, air hangat pada objek wisata ini berasal dari tiga pancuran. Tempat ini tidak dibuka setiap hari namun hanya pada waktu tertentu. Anda dapat datang pada hari Senin malam, Selasa dan juga Kamis malam.

Baca juga: 8 Tempat Wisata di Sentul Bogor

4. Gua Sarabadak

Gua sarabadak merupakan salah satu tempat wisata Purwokerto yang berada pada lokasi Baturraden. Lokasi dari gua ini berada di tebing yang ada di pancuran pitu. Untuk mencapai tempat ini Anda akan melewati tebing berwarna kuning dan cenderung licin. Sebaiknya Anda berhati-hati bila mengunjungi gua Sarabadak.

5. Curug Gede Purwokerto

Destinasi Curug Gede Purwokerto berada di desa Ketenger, kawasan wisata Baturraden. Tinggi dari curug ini 50 meter dari permukaan tanah. Perjalanan harus melewati lembah dan bukit untuk menuju lokasi ini. Bagi Anda yang menyukai tantangan, maka dapat mencoba trip menuju wisata air terjun ini.

6. Curug Belot Purwokerto

Air terjun yang berada di daerah Baturraden ini dapat ditemukan di desa Rempoah. Masih banyak yang belum mengetahui lokasi air terjun yang sangat mempesona. Anda dapat menemukan pepohonan rindang yang memanjakan mata di sekitar curug ini. Objek wisata ini juga dapat dijadikan tempat mandi bagi pengunjung.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Mandalika Lombok yang Wajib Kamu Kunjungi

7. Curug Cipendok

Tempat Wisata Purwokerto selalu menyediakan keelokan alam yang membuat pengunjung tidak pernah bosan. Banyak lokasi wisata air terjun yang ada di Kota Purwokerto. Salah satunya wisata air terjun yang berada pada kawasan Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan ( KPH ) Banyumas. Curug ini belum banyak diketahui oleh orang. Tinggi dari air terjun ini sekitar 93 meter.

8. Bumi Perkemahan Kendalisada

Salah satu destinasi wisata yang cocok untuk keluarga adalah Bumi Perkemahan Kendalisada. Tempat wisata ini memberikan pemandangan alam yang sejuk dan indah. Anda dapat menemukan bumi perkemahan ini bila berjalan ke Desa Kaliori, kecamatan Kalobagor, Banyumas.

Lokasi ini memiliki fasilitas yang lengkap untuk menginap. Hal ini membuat bumi perkemahan ini sering dijadikan tempat outbound bagi anak sekolah dan karyawan. Apabila Anda ingin wahana yang menantang seperti motor cross dan flying fox maka dapat memesan paket yang ada di tempat ini.

bumi-perkemahan-kendalisada
Bumi Perkemahan Kendalisad (foto: aroengbinang.com)

9. Mata Air Panas Kalibacin

Berendam air panas merupakan salah satu cara untuk membuat tubuh menjadi rileks setelah beraktivitas. Oleh sebab itu Mata Air Panas Kalibacin merupakan wisata yang patut dicoba bersama keluarga. Tempat pemandian air panas ini berlokasi di Desa Tambak Negara, Kecamatan Rawalo, Banyumas.

10. Museum BRI Purwokerto

Museum merupakan salah satu objek wisata sejarah yang dapat menambah pengetahuan bagi semua orang. Tempat Wisata Purwokerto ini memberikan banyak informasi mengenai peralatan dan mesin perbankan yang digunakan untuk mengoperasikan sebuah bank pada zaman dahulunya. Museum BRI Purwokerto bisa Anda kunjungi pada Jalan Sudirman No.57, Purwokerto.

Museum BRI Purwokerto
Museum BRI Purwokerto (foto: infopurwokerto)

Baca juga: 8 Tempat Wisata Bogor yang Cocok untuk Keluarga

Baca juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *