10 Tempat Wisata di Purwakarta yang Paling Hits

Pasir Langlang Panyawangan

Belakangan ini, wisatawan mulai banyak yang membicarakan bahkan mengunjungi berbagai tempat wisata Purwakarta yang terkenal dengan pemandangannya. Banyaknya wisata alam dan pemandangan indah nan elok di Purwakarta didukung oleh dominasi area perbukitan dan alam terbuka yang menyejukkan.

Purwakarta juga bisa menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang bosan dengan wisata di Bogor atau Bandung. Nuansa dan suasana yang disuguhkan juga hampir sama karena memiliki banyak wisata alam. Selain itu, juga terdapat banyak wisata lainnya yang tak kalah seru untuk dikunjungi.

10 Tempat Wisata Purwakarta Paling Hits

Nah, berikut ini ada 10 macam tempat wisata nuansa alam paling hits yang bisa Anda temui di Purwakarta, antara lain:

1. Gunung Bongkok

Gunung Bongkok merupakan gunung batu dengan pemandangan yang indah dan sering dikunjungi para pendaki, meskipun gunungnya tidak terlalu tinggi. Sesampainya di puncak, Anda bisa melihat lansekap kota Purwakarta, Gunung Parang, Waduk Jatiluhur dan lain sebagainya.

Lokasi : Kampung Cikandang, Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta

Gunung Bongkok (foto: backpackerjakarta.com)

2. Gunung Parang

Gunung parang disebut sebagai rock climbing terbesar kedua di Asia dengan ketinggian 963 mdpl. Di gunung ini juga terdapat wahana Via Ferrata, yaitu memanjat gunung dengan tangga besi dan merupakan satu-satunya di Indonesia.

Lokasi : Kampung Cihuni, Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta

Baca juga: 8 Mall Terbesar dan Terbaik di Bandung

3. Bukit Katumbiri Purwakarta

Bukit Katumbiri atau Bukit Pelangi merupakan tempat wisata yang berada di daerah pegunungan. Tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan indah, terasering/sengkedan, perbukitan, dan berbagai spot foto Instagramable yang sengaja dibangun pihak pengelola wisata.

Lokasi : Bukit Katumbiri, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta

Bukit Katumbiri Purwakarta
Bukit Katumbiri Purwakarta (foto: dakatour.com)

4. Curug Cipurut

Curug Cipurut merupakan tempat wisata Purwakarta yang berada di lokasi Cagar Alam Gunung Burangrang dan memiliki tiga buah curug. Curug Cipurut sering juga digunakan sebagai lokasi Diklatsar (Pendidikan dan Latihan Dasar) bagi para pecinta alam.

Lokasi : Kampung Cileungsing, Sumrugul, Wanayasa, Purwakarta

5. Curug Tilu Purwakarta

Selain Curug Cipurut, Anda juga bisa berkunjung ke Curug Tilu yang masih asri dan alami karena belum terjamah banyak wisatawan. Aktivitas seru yang bisa dilakukan adalah berenang, karena airnya sangat jernih serta memiliki pemandangan bebatuan dan kawasan hijau yang indah.

Lokasi : Desa Ciririp, Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

6. Sumber Air Panas Ciracas

Purwakarta memiliki wisata Sumber Air Panas yang lokasinya berada di area persawahan dan masih sejuk karena pepohonan rindang di sekitarnya. Selain itu, sepanjang perjalanan Anda juga akan disuguhi dengan pemandangan indah dari perkebunan teh yang luas.

Lokasi : Desa Ciracas, Kiara Pedes, Purwakarta

Baca juga: 5 Tempat Wisata Favorit di Lembang Bandung

7. Waduk Jatiluhur Purwakarta

Tempat wisata Purwakarta ini merupakan waduk pertama di Indonesia yang difungsikan sebagai pembangkit listrik, irigasi, budidaya ikan dan lain-lain. Waduk ini juga dikelola sebagai tempat wisata dan banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan.

Lokasi : Jl. Waduk Jatiluhur, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

8. Waduk Cirata

Waduk Cirata merupakan salah satu waduk terbesar yang ada di Asia Tenggara dan digunakan untuk membangkitkan listrik di wilayah Jawa Barat. Di sini, Anda pun bisa menikmati indahnya pemandangan dan berburu kuliner ikan bakar di sekitar lokasi wisata.

Lokasi : Kawasan Kuliner Buangan, Cipeundeuy, Purwakarta

Waduk Cirata
Waduk Cirata (foto: mediaindonesia.com)

9. Pasir Langlang Panyawangan

Wisata yang satu ini merupakan hutan pinus yang masih asri dan sering digunakan sebagai lokasi camping, trekking dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Goa Jepang serta explore ke Gunung Pamonangan.

Lokasi : Pasir Muncang, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta

Pasir Langlang Panyawangan
Pasir Langlang Panyawangan (foto: ksmtour.com)

10. Desa Sajuta Batu

Disebut sebagai desa sejuta batu karena di daerah sini terdapat berbagai macam batuan alam yang menyimpan banyak wahana seru. Wahana tersebut antara lain panjat tebing, memancing, berkemah, flying fox, pendakian gunung, off-road dan lain sebagainya.

Lokasi : Cipeundeuy, Bojong, Kabupaten Purwakarta

Baca juga: 8 Kegiatan Saat Wisata ke Jogja

Nah, itulah 10 macam tempat wisata Purwakarta yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke sana. Selain itu, masih banyak destinasi wisata lainnya yang bisa dikunjungi dan tak kalah seru untuk dijelajahi.

Baca juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *