10 Curug di Sukabumi yang Paling Hits

Curug Cikaso 1 - 10 Curug di Sukabumi yang Paling Hits

Berkunjung ke Jawa Barat rasanya belum lengkap jika tidak mampir ke air terjun atau curug di Sukabumi. Selain terkenal dengan wisata pantai, Sukabumi juga cukup terkenal memiliki berbagai macam curug yang masih asri dan patut dikunjungi. Berbagai macam air terjun yang begitu menawan bisa Anda kunjungi bersama teman atau keluarga.

Mendatangi objek-objek wisata alam yang tersembunyi seperti air terjun juga menjadi tren baru di kalangan para pecinta traveling. Rasanya lebih puas jika untuk mencapainya dibutuhkan effort atau perjuangan untuk sampai di lokasi wisata air terjun yang dituju. Air terjun yang masih asri dan dikelilingi oleh pemandangan alam yang begitu memukau akan membuat penat dan lelah Anda hilang seketika.

10 Curug di Sukabumi Terbaik

Penasaran dengan berbagai macam curug atau air terjun yang ada di Sukabumi? Nah, berikut ini beberapa pilihan destinasi wisata curug yang terkenal atau paling hits di Sukabumi.

1. Curug Cimarinjung

Destinasi wisata curug yang pertama adalah Curug Cimarinjung yang memiliki ketinggian 45 meter dengan debit air yang cukup besar. Curug ini dilewati oleh Sungai Cimarinjung dan untuk menuju ke sini, Anda harus melalui jalur yang cukup terjal dan curam. Curug ini berlokasi di Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi

Curug Cimarinjung
Curug Cimarinjung (foto: IG @mavicgrapher)

2. Curug Cikanteh

Masih berlokasi di Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, curug di Sukabumi yang juga tak kalah indah adalah Curug Cikanteh. Curug ini selalu ramai pengunjung, terutama saat musim liburan. Daya tarik dari Curug ini adalah aliran airnya yang melebar, pemandangan sekitarnya yang indah, dan nuansa pegunungan yang asri.

Baca juga: 6 Tips Aman Menginap Hotel saat Pandemi COVID-19

3. Curug Cikaso

Bagi Anda yang ingin berenang, datanglah ke Curug Cikaso yang terletak di Ciniti, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, dan melakukan perjalanan air dengan perahu. Tenang saja, air di Curug Cikaso ini cukup dangkal dan tenang. Sebaiknya Anda datang ke sini pada pagi hari karena pemandangannya sangat asri dan juga sejuk.

Curug Cikaso
Curug Cikaso (foto: steemit.com)

4. Curug Cigangsa

Keunikan curug yang satu ini adalah memiliki tiga tingkatan, airnya mengalir dari bebatuan hitam, dan lokasinya yang berada di perbukitan hijau. Tak heran jika curug yang satu ini banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun manca negara. Anda bisa menikmati keindahan curug ini di Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

5. Curug Cirajeg

Tak mau bersusah-payah? Jangan khawatir karena di Neglasari, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, ada curug yang berlokasi di tengah area persawahan sehingga akses menuju ke tempat ini juga cukup mudah. Di sini, Anda bisa beristirahat di gazebo sambil menikmati keindahan air terjun Cirajeg.

Curug Cirajeg
Curug Cirajeg (foto: IG @imammuhajirin)

6. Curug Pareang

Curug di Sukabumi yang berikutnya adalah Curug Pareang di Sindangresmi, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi. Curug ini sangat unik karena airnya mengalir melewati tebing. Tebing yang dilalui air tersebut juga tidak terkesan curam, melainkan terlihat datar atau melandai.

Baca juga: 8 Pusat Oleh-oleh Bandung yang Paling Terkenal

7. Curug Sentral

Curug Sentral memiliki aliran air yang cukup deras dan jernih, tetapi bukitnya paing rendah dibandingkan curug lainnya. Untuk mencari lokasi curug ini tidak sulit, yaitu di Jalan Pondok Beureum, Kabandungan, Kecamatan Kalapa Nunggal, Kabupaten Sukabumi.

8. Curug Awang

Selanjutnya, Anda juga bisa mengunjungi curug di Sukabumi yang terletak di Cibenda, Kecamatan Ciemas. Curug ini bernama Curug Awang dengan air yang cenderung kecokelatan. Meski begitu, dengan ketinggian mencapai 40 meter dan aliran airnya yang cukup deras, curug ini tetap cantik dan banyak diminati.

9. Curug Sodong

Curug yang satu ini memiliki akses yang sangat mudah karena setelah area parkir, Anda hanya perlu menuruni tangga. Karena kemudahan akses inilah, banyak pengunjung yang datang ke Curug Sodong yang terletak di Kompleks Geopark Ciletuh, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Debit airnya juga tidak terlalu besar, sangat jernih, serta terdapat batu-batu besar dan pepohonan yang rindang.

10. Curug Gentong

Air terjun Gentong masih sangat asri dan jarang dikunjungi, tetapi pemandangannya sangat indah karena merupakan curug berundak. Dari kejauhan, curug ini terlihat sangag indah karena memiliki curug yang memiliki kedalaman dan ketinggian yang berbeda-beda. Untuk menyaksikan keindahannya, datang saja ke Waluran Mandiri, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi.

Curug Gentong
Curug Gentong (foto: ig @syamr2)

Baca juga: 8 Tempat Wisata Hits di Sukabumi

Nah, itulah beberapa curug di Sukabumi yang paling hits dan memiliki banyak pesona. Jadi, tunggu apa lagi, ayo segera buat rencana liburan Anda bersama teman dan keluarga untuk berlibur ke Sukabumi.

Baca juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *