8 Makanan Khas Jogja Terlezat dan Terhits

Sate Klatak

Selain kebudayaan dan keindahan alam, makanan khas Jogja juga menjadi salah satu incaran para wisatawan saat berlibur ke kota ini. Menyantap sajian khas sambil menikmati suasana Jogja yang tenang dan nyaman akan memberikan sensasi tersendiri.

8 Makanan Khas Jogja yang Menggugah Selera

Apa saja makanan yang wajib dicoba saat berada di Kota Pelajar ini? Sebetulnya ada banyak sekali jenis makanan khas di kota Jogja, tetapi Kita hanya akan mengulas 8 kuliner paling lezat dan paling hits yang ada di Jogja.

1. Gudeg

Jogja sangat lekat dengan makanan bercita rasa manis gurih ini sehingga dijuluki Kota Gudeg. Gudeg terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan daun jati sehingga menghasilkan warna cokelat yang khas. Gudeg yang disiram santan kental (areh) biasa disantap bersama nasi, ayam, telur, dan krecek.

Gudeg
Gudeg (Foto:https://ksmtour.com)

2. Krecek

Menu yang satu ini biasa disajikan bersama gudeg. Krecek merupakan makanan khas Jogja yang dibuat dari kerupuk kulit yang dimasak bersama sambal sehingga menghasilkan rasa gurih dan pedas yang sungguh nikmat. Krecek cocok dinikmati sebagai menu sarapan, makan siang, maupun makan malam.

Krecek
Krecek (foto: cookpad.com)

3. Bakpia Pathuk

Kalau berjalan-jalan di Malioboro, kamu akan menemukan banyak toko yang menjual bakpia pathuk. Jajanan berbentuk bulat pipih ini terbuat dari kacang hijau dan gula yang dibungkus adonan tepung, lalu dipanggang. Rasanya jangan ditanya, gurih, manis, dan pastinya enak, cocok untuk teman minum teh atau kopi.

Bakpia
Bakpia (Foto: http://www.amrantrans.com)

Baca juga: 8 Tempat Wisata Baru Jogja yang Harus Dikunjungi

4. Oseng-Oseng Mercon

Ini dia salah satu makanan khas Jogja yang sedang hits di kalangan pecinta kuliner pedas. Oseng-oseng mercon adalah makanan berupa olahan daging sapi yang dimasak dengan sambal dan cabai rawit yang sangat berlimpah sehingga rasa pedasnya meledak di mulut seperti mercon!

Oseng-Oseng Mercon
Oseng-Oseng Mercon (foto: dapurkobe.co.id)

5. Sate Klatak

Ingin merasakan sate dengan cita rasa yang berbeda? Cobalah sate klatak khas Jogja yang unik ini. Berbeda dengan sate pada umumnya, potongan daging kambing pada sate klatak ditusuk menggunakan jeruji, bukan potongan bambu. Bumbu sate ini juga berbeda dari sate biasa, yaitu ditambah siraman kuah gulai yang gurih dan sedap.

Sate Klatak
Sate Klatak (foto: masakapahariini.com)

6. Sego Abang Jirak

Bukan cuma yang enak-enak, Jogja juga punya menu yang sehat, lho. Namanya sego abang jirak. Sego abang yang berarti nasi merah ini berasal dari Gunung Kidul dan biasanya disajikan bersama sayur lombok ijo (cabai hijau). Nah, buat kamu yang sedang berdiet, nasi merah khas Jogja ini patut dicoba.

Baca juga: 5 Oleh-oleh Khas Yogyakarta yang Wajib Dibawa

7. Bakmi Jogja

Bakmi Jogja adalah menu yang sangat pas untuk menemani malam di Jogja. Kamu bisa memilih bakmi godog (rebus) yang berkuah banyak atau bakmi nyemek dengan sedikit kuah. Racikan bumbu khas Jawa dan dimasak di atas anglo yang menggunakan arang membuat makanan khas Jogja ini memiliki aroma dan rasa yang tak tertandingi.

8. Nasi Kucing

Makanan dengan porsi kecil ini biasanya dibungkus daun pisang atau kertas, berisi nasi dengan lauk ikan asin, mi goreng, sambal, dan tempe. Makanan yang biasa dijual di angkringan ini memang tidak dimaksudkan untuk mengenyangkan perut, tetapi hanya sebagai teman mengobrol di malam hari.

Nasi Kucing
Nasi Kucing (foto: warungtalenan.com)

Tips Menikmati Wisata Kuliner di Jogja

Selain delapan makanan khas di atas, Jogja juga masih menyimpan kekayaan kuliner lainnya yang tak kalah lezat dan sedang hits di kalangan wisatawan. Nah, supaya bisa lebih puas menikmati makanan khas Jogja, Kamu bisa mencoba tips berikut ini saat berwisata kuliner di Kota Gudeg.

    • Cari info tentang tempat-tempat wisata kuliner di Jogja dari internet atau rekomendasi teman/keluarga yang sudah pernah berkunjung ke Jogja.
    • Buatlah daftar prioritas tempat wisata kuliner yang ingin dikunjungi berdasarkan kelezatannya, keunikannya, atau karena tempat tersebut sedang hits di Jogja.
    • Pelajari peta Kota Jogja supaya kamu bisa menyusun rencana perjalanan yang efektif sehingga bisa menghemat waktu.
    • Susun jadwal perjalanan wisata kuliner di Jogja supaya kamu bisa menikmati banyak menu khas Jogjadengan waktu yang terbatas.
    • Sesuaikan rencana wisata kuliner dengan anggaran yang ada. Menu dan kisaran harga bisa didapatkan dari review di internet.

Jangan lupa untuk mengabadikan perjalanan wisata kulinermu dan bagikan di media sosial supaya semakin banyak orang yang mengenal makanan khas Jogja. Jadi, tunggu apa lagi?

Baca juga: Wisata ke Jogja? Ini 5 Candi di Jogja yang Boleh Kamu Kunjungi!

Baca juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *