8 Makanan Khas Jawa Timur yang Bikin Kamu Ketagihan

Bebek Sinjay

Mengunjungi ujung timur Pulau Jawa tentu tidak lengkap jika belum mencicipi aneka makanan khas Jawa Timur yang serba unik dan lezat. Sebagian kuliner khas Jawa Timur memang sudah cukup dikenal luas di Indonesia, seperti rawon, pecel, dan bakso Malang. Namun, sebagian lainnya masih jarang diketahui, padahal kelezatannya dijamin bikin kamu ketagihan, seperti 8 makanan khas berikut ini.

8 Makanan Khas Jawa Timur dari Berbagai Daerah

1. Rujak Soto (Banyuwangi)

Dari namanya saja, makanan ini sudah terdengar unik, apalagi rasanya. Rujak soto merupakan perpaduan antara rujak sayur yang disiram dengan kuah soto, lengkap dengan dagingnya. Rasanya jangan ditanya, sudah pasti sangat unik. Untuk tahu keunikannya, kamu harus mencicipinya sendiri.

Rujak Soto
Rujak Soto (foto: tastemade.com)

2. Kare Rajungan (Tuban)

Para pecinta seafood pasti tidak akan melewatkan menu yang satu ini, kare rajungan dari Tuban. Rajungan adalah sebutan untuk hewan laut yang menyerupai kepiting. Masyarakat Tuban biasa mengolah rajungan dengan cara dimasak bersama kuah kare (kari) yang terbuat dari santan dan bumbu-bumbu sehingga menghasilkan rasa gurih dan pedas.

Kare Rajungan
Kare Rajungan (foto: resepnasional.com)

3. Nasi Becek (Nganjuk)

Berasal dari daerah Nganjuk, sego becek alias nasi becek merupakan makanan khas Jawa Timur yang sekilas mirip dengan gulai. Makanan ini terdiri dari nasi yang dicampur dengan sejenis soto babat dengan potongan sate kambing yang sudah dilepaskan dari tusuknya.

Baca juga: 10 Wahana Seru yang Boleh Kamu Coba di Jatim Park 1

4. Nasi Krawu (Gresik)

Menu berupa nasi khas lain dari Jawa Timur adalah nasi krawu. Dengan lauk yang terdiri dari irisan daging sapi, semur daging, jeroan sapi, sambal terasi, dan serundeng, nasi krawu khas Gresik ini terasa lebih nikmat karena disajikan menggunakan alas daun pisang.

Nasi Krawu
Nasi Krawu (foto: selerasa.com)

5. Nasi Tumpang (Kediri)

Nasi tumpang atau sego tumpang adalah hidangan berupa nasi yang disajikan dengan kuah dari sambal tumpang. Sambal tumpang adalah masakan yang dibuat dari tempe bosok alias tempe yang sudah basi diolah bersama ayam atau ada juga yang ditambah dengan rambak atau kerupuk kulit sapi.

Nasi Tumpang
Nasi Tumpang (foto: kabarkuliner.com)

6. Lodho Ayam (Tulungagung)

Masakan khas Tulungagung ini terdiri dari dua pilihan yang sama-sama nikmat, yaitu lodho kuah encer dan lodho kuah kental. Bahan utama menu ini adalah daging ayam yang dimasak dengan bumbu-bumbu khusus. Dimakan bersama nasi tiwul atau nasi panas, makanan khas Jawa Timur ini dijamin bikin kamu ingin nambah terus.

7. Bebek Sinjay (Madura)

Kalau kamu sedang jalan-jalan ke Bangkalan, Madura, jangan lupa mencicipi menu satu ini. Selain di Madura, bebek sinjay juga bisa kamu temukan di Surabaya dan kota besar lainnya. Dengan cara mengolah yang tepat, daging bebek sinjay memiliki tekstur yang lembut dan tidak berbau amis. Menu ini paling pas disantap dengan nasi hangat, kremesan, dan sambal pencit yang terbuat dari mangga muda. Nikmat luar biasa!

Bebek Sinjay
Bebek Sinjay (foto: malang-guidance.com)

Baca juga: Liburan Ke Jatim Park 2? Jangan Lupa Kunjungi 5 Wahana ini!

8. Sambel Wader (Mojokerto)

Buat kamu pecinta ikan, sambel wader wajib dicoba. Menu ini sangat sederhana, yaitu terdiri dari ikan wader kecil yang digoreng kering, kemudian ditambah dengan sambal. Rasa ikan yang gurih dan sambal yang pedas menyatu di lidah, meninggalkan cita rasa dan kesan yang tak terlupakan.

Sambel Wader
Sambel Wader (foto: phinemo.com)

Lengkapi Nikmatnya Kuliner Jawa Timur dengan Minuman Ini

Untuk melengkapi kenikmatan menyantap makanan khas Jawa Timur, tidak ada salahnya kalau kamu juga mencoba beberapa jenis minuman khas berikut ini.

    • Es sinom, yaitu minuman khas Surabaya yang dibuat dari kunyit dan gula aren.
    • Wedang pokak, yaitu minuman dari Probolinggo yang terdiri dari aneka rempah, seperti cengkih, serai, kayu manis, jahe, jeruk purut, dan daun pandan serta gula.
    • Wedang jaselang yang berasal dari Malang ini dibuat dari campuran jahe, kayu manis, lada, secang, dan kapulaga.
    • Wedang angsle, yaitu minuman hangat yang terdiri dari roti tawar, ketan kukus, putu mayang, kacang hijau dan disiram kuah dari santan, serai, jahe, dan gula jawa.
    • Es gudir, yaitu minuman dingin yang terbuat dari agar-agar yang dipotong kecil-kecil, sirup atau gula merah, dan santan.

Itulah beberapa makanan khas Jawa Timur dan minuman pelengkapnya yang sayang sekali untuk dilewatkan. Jadi, kalau kamu memiliki kesempatan berlibur di Jawa Timur, jangan lupa untuk berburu aneka kuliner lezat di atas, ya!

Baca juga: Inilah 5 Makanan Khas Indonesia yang Perlu Kamu Tahu!

Baca juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *