8 Makanan Khas Bengkulu yang Wajib Dicobain

Gulai Kemba'ang

Berbagai penerbangan domestik telah mulai dibuka dan tempat-tempat wisata juga sudah mulai menggeliat kembali. Jadi, saatnya Anda mulai menjelajahi kembali keindahan negeri tercinta Indonesia. Tidak hanya mengobati rindu akan tempat-tempat damai nan indah, Anda juga dapat mencicipi kembali kekayaan kulinernya.

Setiap daerah di Indonesia mulai ujung timur hingga barat memiliki keunikan kuliner tersendiri.Untuk itu, ketika berkunjung ke suatu daerah, pastikan Anda untuk mencicipinya, termasuk jika sedang berada di Bengkulu. Berikut 8 makanan khas Bengkulu yang wajib dicobain saat Anda berkunjung ke kota ini.

Rekomendasi Makanan Khas Bengkulu

1. Bagar Hiu

Salah satu kuliner khas Bengkulu yang wajib Anda cicipi adalah bagar hiu. Sesuai namanya, makanan ini terbuat dari bahan dasar daging hiu. Ikan hiu yang dipilih pun bukan jenis yang sembarangan. Penduduk Bengkulu hanya memilih ikan hiu punai atau tanduk. Menurut mereka, kedua jenis ikan tersebut tidak terlalu amis dan memiliki tekstur kulit yang lembut.

Sangking enaknya, bagar hiu ini menjadi makanan favorit Presiden Indonesia yang pertama, Ir. Soekarno, saat beliau diasingkan di kota ini. Jadi, ketika Anda bertandang ke kota ini, jangan lewatkan makanan khas Bengkulu yang satu ini.

Bagar Hiu
Bagar Hiu (foto: cookpad.com)

2. Lema

Selain bagar hiu, Bengkulu memiliki makanan khas lain yang juga berbahan dasar ikan. Namun, kali ini menggunakan bahan dasar ikan tawar dengan bahan tambahan berupa rebung. Rebung adalah tunas bambu yang dapat dioleh menjadi masakan yang lezat. Uniknya, sebelum dimasak, lema difermentasi terlebih dahulu selama 3 hari karena perlakuan inilah yang menyebabkan kuliner ini memiliki cita rasa sempurna.

Lema Bengkulu
Lema Bengkulu (foto: masakantradisional.com)

Baca juga: 7 Tempat Wisata Populer Di Palembang

3. Tempoyak Ikan Patin

Makanan khas Bengkulu selanjutnya yaitu tempoyak ikan patin. Tempoyak sendiri merupakan buah durian yang difermentasi terlebih dahulu sehingga menghasilkan aroma dan rasa yang khas. Selanjutnya, tempoyak digunakan sebagai campuran untuk memasak ikan patin segar sehingga dihasilkan sajian kuliner dengan cita rasa unik yang khas.

4. Pendap

Saat mecicipi pendap, mungkin Anda akan berpikir rasanya mirip dengan botok di Jawa. Ya, makanan khas Bengkulu yang satu ini memang menyerupai botok. Berbahan dasar ikan dengan racikan bumbu-bumbu rempah yang khas, kuliner ini memberikan rasa yang nikmat di lidah.

Proses pembuatan makanan yang dibungkus dengan daun pisang ini memerlukan waktu perebusan selama 8 jam. Wah, dengan waktu memasak yang begitu lama, tentunya makanan ini memiliki rasa yang mantap, bukan?

5. Bay Tat

Kuliner khas Kota Bengkulu berikutnya adalah bay tat. Makanan ini merupakan salah satu jenis kue khas kota ini. Dahulunya, bay tat hanya diperuntukkan bagi raja dan kalangan bangsawan. Namun, saat ini, ketika Anda berkunjung ke Bengkulu, bay tat dapat dengan mudah ditemukan di setiap toko oleh-oleh. Penampakannya mirip kue pai yang berpadu dengan kue tart dan memiliki toping selai nanas atau keju.

Bay Tat
Bay Tat (foto: tokopedia.com

Baca juga: Ini 8 Destinasi Wisata Terpopuler di Lampung

6. Rebung Asam Undak Liling

Makanan khas Bengkulu berikutnya yaitu rebung asam undak liling. Sesuai dengan namanya, kuliner khas ini berbahan dasar rebung yang merupakan tunas bambu. Sedangkan liling merupakan sejenis siput sawah yang memiliki warna hitam dan tidak beracun sehingga dapat dimakan. Bahan-bahan tersebut lalu dimasak dengan bumbu gulai yang berempah dan khas sehingga menghasilkan kuliner yang nikmat.

7. Gulai Kemba’ang

Gulai di Bengkulu tidak hanya berbahan dasar siput, tetapi juga dari daging sapi. Namanya gulai kemba’ang. Makanan khas yang satu ini berbahan dasar iga sapi yang diracik dengan bumbu khas gulai yang berempah dan kuat sehingga menghasilkan kuliner yang menggoyang lidah. Jadi, saat Anda berkunjung ke Kota Bengkulu, jangan lewatkan kuliner yang satu ini.

Gulai Kemba'ang
Gulai Kemba’ang (foto: cikwoliwa.com)

8. Lemang

Kuliner ini terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan santan dan garam sehingga menghasilkan cita rasa yang gurih dan legit. Uniknya, lemang dimasak di dalam bambu dan dibakar di atas bara api dan sebelumnya dibungkus dengan daun pisang. Rasa khas dari hasil pembakaran menjadikan kuliner ini menjadi favorit banyak orang.

Selain dapat dimakan langsung, lemang biasa dipasangkan dengan tapai sehingga memiliki nama lemang tapai. Tidak hanya itu, kuliner ini juga dapat disajikan dengan buah durian dan dinamai lemang durian.

Baca juga: 5 Makanan Khas Riau yang Lezat dan Wajib Kamu Coba

Baca juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *