8 Makanan Khas Banjarmasin yang Lezat Banget!

Soto Banjar

Selain mengunjungi pasar apung tradisional Muara Kuin, mencicipi makanan khas Banjarmasin juga menjadi agenda wajib para wisatawan yang datang ke kota ini. Belum lengkap rasanya berkunjung ke kota berjuluk Kota Seribu Sungai ini jika belum menikmati kuliner khas Banjarmasin yang terkenal lezat. Penasaran apa saja kuliner khas Banjarmasin tersebut? Yuk, simak ulasan berikut ini.

8 Macam Makanan Khas Banjarmasin yang Super Lezat

Bagi para pecinta kuliner Nusantara, Kota Banjarmasin layak menjadi salah satu tujuan wisata karena kota ini punya banyak menu khas yang menggoda selera. Dengan bumbu yang kaya akan rempah, menu tradisional Banjarmasin memiliki cita rasa khas yang berbeda dengan daerah lain. Berikut ini 8 jenis kuliner khas Banjarmasin yang wajib Anda cicipi karena rasanya yang super lezat!

1. Soto Banjar

Indonesia memiliki banyak jenis soto dari berbagai daerah, salah satunya yang cukup populer adalah soto Banjar. Meskipun bisa dijumpai di beberapa kota lain, mencicipi soto Banjar di tempat aslinya terasa berbeda.

Ciri khas soto ini adalah kuahnya sangat kaya akan rempah. Perpaduan kuah dengan lontong, telur rebus, ayam suwir, soun, dan perkedel serta perasan jeruk nipis membuat makanan khas Banjarmasin ini memiliki rasa yang nikmat dan segar, apalagi jika disantap bersama sambal.

2. Ketupat Kandangan

Kuliner yang satu ini berasal dari daerah Kandangan. Meski ketupatnya tidak berbeda dengan ketupat lainnya, ada yang khas dari ketupat Kandangan, yaitu makanan bahan pelengkap dan kuahnya yang bercita rasa unik.

Ketupat khas Banjarmasin ini disajikan bersama telur rebus dan ikan gabus yang dipanggang, kemudian dimasak dengan kuah santan kuning mirip opor. Penambahan rempah seperti kayu manis, cengkih, dan kapulaga membuat rasa kuahnya sangat berbeda dan dijamin bikin ketagihan!

3. Lontong Orari

Sekilas, lontong orari tampak seperti lontong sayur karena kuahnya sama-sama terbuat dari santan dengan isi irisan labu dan buncis. Bedanya, lontong orari disajikan bersama ikan gabus serta telur dan ayam yang dimasak dengan bumbu merah.

Yang menarik dari makanan khas Banjarmasin ini adalah bentuk lontongnya yang tidak biasa, yaitu berbentuk segitiga pipih. Bentuk lontong yang unik ini menjadi salah satu daya tarik lontong orari, selain rasanya yang lezat banget!

Lontong Orari - 8 Makanan Khas Banjarmasin yang Lezat Banget!
Lontong Orari (foto: genpi.id)

Baca juga: 5 Pasar Terapung di Indonesia yang Perlu Kamu Ketahui!

4. Nasi Itik Gambut

Bagaimana rasanya menyantap nasi yang dibungkus daun pisang? Nah, kalau kebetulan sedang berada di Banjarmasin, carilah kuliner khas bernama nasi itik gambut. Dengan teknik memasak yang pas, bumbu dengan cita rasa manis pedas terasa meresap sampai ke dalam daging itik. Aroma sedap yang menguar dari bungkus daun pisang membuat nasi itik gambut ini benar-benar menggoda selera.

5. Sate Tulang

Anda mungkin akan mengerutkan kening mendengar nama salah satu makanan khas Banjarmasin ini. Tak perlu bingung, meskipun namanya sate tulang, sebetulnya kuliner ini tidak benar-benar dibuat dari tulang, melainkan dari kulit, lemak, atau leher ayam. Bahan-bahan tersebut digiling dan dimasak dengan bumbu habang (merah), lalu dibakar. Biasanya, sate tulang disantap bersama soto Banjar.

Sate Tulang - 8 Makanan Khas Banjarmasin yang Lezat Banget!
Sate Tulang (foto: pergikuliner.com)

6. Gangan Paliat

Banyaknya sungai di Banjarmasin membuat masyarakat setempat sangat akrab dengan menu berbahan dasar ikan. Salah satu olahan ikan yang patut dicoba adalah gangan paliat, yaitu ikan yang dimasak dengan kuah santan mirip opor, tetapi lebih kental. Ikan yang biasa digunakan adalah ikan baung, tetapi bisa juga diganti dengan ikan patin atau udang. Menu ini paling cocok dinikmati dengan sepiring nasi hangat

Baca juga: 5 Makanan Khas Riau yang Lezat dan Wajib Kamu Coba

7. Patin Baubar

Banjarmasin adalah surganya kuliner ikan dan salah satu yang wajib dicoba adalah menu patin baubar. Cara memasaknya memang sedikit rumit, tetapi sebanding dengan cita rasanya yang luar biasa nikmat. Ikan patin terlebih dahulu harus dipepes, kemudian dibakar di atas tungku. Dengan cara ini, selain aromanya menjadi lebih kuat, rasa bumbunya juga meresap hingga ke bagian dalam daging ikan.

8. Bubur Baayak

Banjarmasin juga punya bubur khas yang berbeda dengan daerah lain. Bubur ini dibuat dari campuran tepung beras, tepung terigu, dan air. Nama baayak berasal dari cara membuat bubur ini, yaitu dengan digoyang-goyangkan. Bubur ini memiliki warna cokelat dengan cita rasa manis gurih.

Bubur Baayak - 8 Makanan Khas Banjarmasin yang Lezat Banget!
Bubur Baayak (foto: today.line.me)

Itulah delapan makanan khas Banjarmasin yang wajib Anda cicipi saat berada di kota ini. Dijamin, menu-menu di atas akan memuaskan selera dan membuat Anda terkenang-kenang akan kelezatannya.

Baca juga: 5 Wahana Dufan Ancol yang Cocok untuk Anak-Anak

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *