7 Makanan Khas Surabaya Lezat Wajib Kamu Coba

Rujak Cingur

Mencicipi makanan khas Surabaya menjadi salah satu agenda wajib bagi para wisatawan yang berkunjung ke ibu kota Provinsi Jawa Timur ini. Berwisata kuliner di kota Surabaya memang tidak akan mengecewakan karena kekayaan kulinernya sangat beragam dengan cita rasa yang bervariasi. Dari sekian banyak makanan khas yang ada, 7 kuliner Surabaya berikut ini wajib kamu coba.

7 Makanan Khas Surabaya yang Pantang Dilewatkan

1. Rujak Cingur

Jika menyebut makanan khas Surabaya, nama rujak cingur pasti ada di urutan pertama. Hampir semua orang yang berkunjung ke Surabaya mencari kuliner berbahan utama potongan cingur (hidung sapi) yang sudah direbus sampai empuk dan kenyal ini. Setelah itu, cingur dicampur dengan rebusan aneka sayuran dan irisan lontong, lalu disiram dengan campuran bumbu kacang dan petis khas Jawa Timur. Hmm … lezat!

Rujak Cingur - 7 Makanan Khas Surabaya Lezat Wajib Kamu Coba
Rujak Cingur (foto: sajiansedap.grid.id)

2. Rawon Setan

Nama rawon setan digunakan bukan karena rasanya pedas lho, tetapi karena warung ini baru buka menjelang tengah malam, mulai pukul 23.00 WIB sampai pagi. Bahkan, dahulu, warung rawon setan buka mulai pukul 02.00 dini hari untuk melayani para buruh dan pekerja yang bekerja di malam hari.

Tampilan rawon sangat khas, kuahnya berwarna hitam pekat karena menggunakan keluak sebagai salah satu bumbunya. Isi rawon setan terdiri dari daging, jeroan, dan kikil yang dipotong besar-besar, serta dilengkapi taoge pendek dan sambal. Taburan bawang goreng membuat aroma rawon ini semakin menggoda.

Rawon Setan - 7 Makanan Khas Surabaya Lezat Wajib Kamu Coba
Rawon Setan (foto: https://food.detik.com/)

3. Lontong Balap

Makanan khas Surabaya yang satu ini dari lontong, taoge, tahu goreng, lentho (gorengan dari singkong, kacang tolo, dan kelapa parut) dengan bahan pelengkap berupa kecap, sambal, dan bawang goreng. Dinamakan lontong balap karena para penjual lontong harus berlomba ke tempat berjualan di pasar untuk mendapatkan banyak pembeli.

Lontong Balap - 7 Makanan Khas Surabaya Lezat Wajib Kamu Coba
Lontong Balap (foto: @horizonhoman)

Baca juga: 7 Mall Terbesar dan Terhits di Surabaya

4. Pecel Semanggi

Pecel Surabaya memiliki ciri khas yang berbeda dari pecel pada umumnya, yaitu menggunakan daun semanggi sebagai salah satu sayurannya, selain daun pepaya dan taoge. Campuran sayuran matang ini kemudian disiram dengan bumbu kacang yang manis, gurih, dan pedas. Kerupuk puli (kerupuk yang terbuat dari nasi) yang renyah menambah nikmatnya pecel semanggi yang biasanya dijual oleh ibu-ibu di tepi jalan.

Pecel Semanggi - 7 Makanan Khas Surabaya Lezat Wajib Kamu Coba
Pecel Semanggi (foto: @pranadwi)

5. Sate Klopo

Makan sate mungkin sudah biasa, tetapi sate klopo Surabaya ini memiliki cita rasa yang sangat khas dan unik. Keunikan sate ini terletak pada olahan daging sapinya yang dilumuri parutan kelapa yang sudah dibumbui. Saat dibakar, aroma sedap akan menguar, menggoda hidung. Dinikmati bersama nasi hangat atau lontong, sensasi rasa sate klopo semakin lengkap karena disajikan dengan taburan serundeng.

Sate Klopo - 7 Makanan Khas Surabaya Lezat Wajib Kamu Coba
Sate Klopo (foto: grab.com)

6. Tahu Tek

Satu lagi makanan khas Surabaya yang disajikan bersama lontong adalah tahu tek. Nama tahu tek berasal dari bunyi ketika penjual memotong telur dan tahu yang sudah digoreng. Selain lontong, tahu, telur, makanan ini juga dilengkapi potongan kentang, taoge, dan kerupuk udang yang diulek bersama kacang, serta siraman bumbu petis.

Baca juga: 7 Oleh-oleh Khas Surabaya yang Wajib Dibawa Saat Liburan ke Kota Pahlawan

7. Lontong Kupang

Lontong kupang kok di Surabaya? Jangan salah, kupang di sini bukan nama kota ya, melainkan nama sejenis kerang berukuran kecil. Nah, kalau kamu pecinta seafood, kamu wajib mencicipi rasa khas kupang rebus yang disiram dengan kuah kaldu gurih dilengkapi perasan jeruk nipis dan sambal petis. Dijamin, rasa gurih segar lontong kupang ini tidak akan kamu lupakan.

Lontong Kupang - 7 Makanan Khas Surabaya Lezat Wajib Kamu Coba
Lontong Kupang (foto: gotravelly.com)

Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner di Surabaya

Sebetulnya, makanan-makanan di atas bisa kamu temukan dengan mudah di banyak tempat. Namun, ada beberapa tempat yang lebih dikenal karena rasa makanannya lebih enak dibanding tempat lain. Berikut beberapa rekomendasi tempat mencicipi 7 makanan khas Surabaya tersebut.

    • Rawon Setan Jalan Embong Malang, dekat Tunjungan Plaza.
    • Rujak Singur Jalan Ahmad Jais No. 40 Genteng
    • Lontong Balap Garuda Pak Gendut di Jalan Prof. Dr. Moestopo
    • Pecel semanggi di dekat Masjid Al-Akbar
    • Sate klopo di sepanjang Jalan Walikota Mustajab.
    • Tahu Tek Pak Jayen di Jalan Darmahusada
    • Lontong kupang: Warung Pak Woko di Jalan Kalasan

Nah, bagaimana, kamu pasti penasaran untuk mencicipi kelezatan aneka kuliner di atas, bukan? Selain itu, masih banyak pula makanan khas Surabaya lainnya yang pantang dilewatkan jika kamu sedang berkunjung ke kota ini.

Informasi Lengkap Tempat Wisata di Surabaya

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *