7 Makanan Khas Solo yang Paling Terkenal

Nasi Liwet Solo

Selain terkenal dengan batik, Kota Solo memiliki beragam kuliner yang sangat terkenal. Baik oleh masyarakat Solo maupun pendatang dari luar. Hal ini membuat tidak ada salahnya untuk berburu menu makanan yang enak bila berkunjung ke kota ini.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang paling terkenal di Solo yang dapat dicoba dengan cita rasa yang spesial. Mulai dari nasi liwet, Selat Solo, Serabi Notosuman, Timlo Solo, tahu kupat, sate Solo dan kue lapis Mandarin.

1. Nasi Liwet Solo

Nasi liwet adalah menu yang menyajikan nasi putih dalam daun pisang dengan tambahan sayuran jipang, telur, daging ayam dan santan kental. Tempat yang paling terkenal  untuk ini adalah Nasi Liwet Wongso Lemu yang berada di Jl. Teuku Umar, Keprabon. Untuk satu porsi Anda dapat membayar Rp. 19.000. penyajiannya sangat unik karena daun pisang ditekuk dan disematkan dengan lidi seperti kerucut.

Nasi Liwet Solo
Nasi Liwet Solo (foto: [email protected])

2. Selat Solo

Selat Solo merupakan salah satu makanan khas Solo yang sangat terkenal dan menjadi menu yang dihidangkan saat Raja Salman ke Indonesia. Ciri khas dari makanan ini adalah irisan daging seperti steak yang dicampurkan dengan telur, wortel, buncis dan dilengkapi dengan kuah semur. Sejarah dari menu ini awalnya ketika masyarakat ingin membuat Salad yang sesuai dengan selera pribumi.

Baca juga: 5 Oleh-oleh Khas Yogyakarta yang Wajib Dibawa

3. Serabi Notosuman

Bila Anda sangat suka dengan camilan ringan yang manis, maka Serabi Notosuman menjadi pilihan yang tepat. Satu porsi Serabi ini terbuat dari campuran adonan beras, santan, gula, garam dan daun pandang. Tekstur yang empuk dan legit menjadikannya berbeda dengan yang lain. Menu ini sudah berkembang sejak tahun 1926 di daerah Notosuman dan sekarang dikenal sebagai khas dari Surabaya.

Serabi Notosuman
Serabi Notosuman (foto: surakarta.pro)

4. Timlo Solo

Makanan Timlo Solo memiliki kandungan protein hewani yang lengkap. Apabila mengonsumsi seporsi makanan ini Anda akan menikmati daging ayam, ati ampela ayam dan sosis goreng khas Solo. Harga yang dibayar untuk mengonsumsi menu ini adalah sebesar Rp. 15.000.

Sosis goreng khas Solo merupakan salah satu makanan yang berbeda dengan yang biasa. Hal ini dikarenakan pembuatannya dari kulit lumpia atau risoles yang dilipat seperti martabak yang kemudian digoreng. Isian dari sosis Solo adalah dada ayam yang sudah di suwir. Penyajiannya berupa potongan kecil yang diberi kuah dengan sup dengan rasa yang enak.

5. Tahu Kupat Solo

Salah satu makanan khas Solo yang patut untuk dicoba adalah tahu kupat Solo.  Tahu kupat adalah menu yang terbuat dari ketupat, mie basah, taoge, tahu goreng hangat, bakwan goreng dan taburan kacang goreng. Berbagai bahan tersebut dihidangkan dengan tambahan bumbu kecam manis yang encer dan bawang goreng yang renyah.

Sebagai pelengkap, terkadang Tahu Kupat Solo juga dimakan dengan telur dadar dan kerupuk. Apabila Anda menyukai makanan pedas, maka dapat menambahkan ulekan cabai rawit merah. Harga yang dibayar untuk seporsi sajian ini adalah Rp.7.000 dan menjadi Rp. 10.000 bila ditambahkan dengan telur.

Tahu Kupat Solo
Tahu Kupat Solo (foto: surakarta.go.id)

Baca juga: 8 Makanan Khas Jogja Terlezat dan Terhits

6. Sate Buntel

Sate merupakan salah satu dari sekian kekayaan kuliner Nusantara. Sate Buntel adalah salah satunya. Makanan ini terbuat dari daging kambing cacah yang dibungkus dengan lemak tipis dan selanjutnya dibakar hingga matang. Lemak tipis yang ada akan menambah aroma tersendiri. Biasanya, Anda akan disuguhkan dengan tambahan kuah dari bumbu kecap dan irisan bawang merah serta daun kol.

Seporsi sate buntel dijual dengan harga mulai dari Rp. 35.000. Penikmat sate ini cukup banyak bahkan Bapak Joko Widodo juga menyukainya. Menu khas Surabaya yang nikmat ini juga disajikan dengan potongan tomat untuk menambahkan kesegarannya.

Sate Buntel
Sate Buntel (foto: tokomesin.com)

7. Kue Lapis Mandarin

Salah satu oleh-oleh khas Solo adalah kue lapis Mandarin. Kue jenis lapis legit ini sudah terkenal sejak beberapa dekade yang lalu. Rasanya yang enak dan lembut serta manis, membuat lapis legit tersebut menjadi incaran banyak orang. selai yang digunakan pada sajian ini terbuat dari nanas. Dari segi harga, satu kotaknya dijual dengan kisaran harga Rp. 75.000 hingga Rp. 180.000 tergantung dengan ukuran.

Baca juga: 7 Destinasi Wisata Dieng yang Bisa Anda Kunjungi

Baca juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *