5 Makanan Khas Riau yang Lezat dan Wajib Kamu Coba

Mie Lendir

Kota Pekanbaru merupakan ibukota dari Provinsi Riau. Selain menjadi pusat pemerintahan Riau, Pekanbaru juga memiliki beberapa tempat wisata yang sering dikunjungi wisatawan dari daerah sekitarnya. Bagi kamu yang ingin mengunjungi Pekanbaru, ada satu hal yang tidak boleh kamu lewati yaitu wisata kuliner. Berikut 5 makanan khas Riau yang lezat dan wajib kamu cobai:

Ikan Selais Asap

Ikan selais asap adalah salah satu pilihan menu makanan yang khas dari Riau dan memberikanmu kelezatan rasa yang menggoyang lidah. Jika kita sering menemukan ikan selais yang dimasak dengan cara goreng, di Pekanbaru kamu bakalan menemukan ikan selais yang diolah dencgan cara diasap hingga matang. Perlu kamu ketahui bahwa memang tidak dapat di pungkiri ikan selais asap ini memiliki rasa yang renyah dan juga gurih.

Ikan Selais Asap
Ikan Selais Asap (foto: detik.com)

Mie Lendir

Saat ke Pekanbaru, jangan pernah lupa untuk mencicipi makanan khas Riau yang satu ini yaitu mie lendir. Mie lendir ini disajikan dengan mie kuning, tauge, dan juga telur rebus kemudian disiram dengan kuah kental yang memberikan rasa nikmat. Bagi kamu yang suka pedas, jangan lupa untuk minta cabe ijo yang dipotong-potong ya.

Mie Lendir
Mie Lendir (foto: yopiefranz.com)

Asam Pedas Baung

Makanan khas Riau yang satu itu tidak sulit untuk ditemukan di rumah makan kota Pekanbaru. Asam pedan baung ini diolah dari berbagai macam rempah-rempah seperti bawang, jahe, kunyit kemudian dimasak berkuah bersama ikan baung. Rasa asam dan pedas ini memberikan kenikmatan yang berbeda saat kamu mencobanya.

Asam Pedas Baung
Asam Pedas Baung (foto: trubus.id)

Baca juga: 5 Mall Terbaik di Pekanbaru

Gulai Ikan Patin

Gulai ikan patin adalah potongan ikan patin yang dimasak dengan kuah gulai yang berwarna kuning pekat. Ikan patin yang bertektur lembut ditambah dengan kuah yang gurih membuat makanan khas Riau ini sering dikonsumsi oleh warga lokal. Bagi kamu yang ingin mencoba, ikan gulai patin ini gampang kok ditemukan di rumah makan kota Pekanbaru.

Gulai Ikan Patin
Gulai Ikan Patin (foto: netralnews.com)

Miso

Miso ini bukan kuah yang berasal dari Jepang ya teman-teman. Miso atau Mieso yang berasal dari Riau ini merupakan makanan berkuah yang disajikan dengan mie kuning, bihun, ayam suwir, dan tahu kering, namun tidak jarang orang-orang menambah keripik ubi pedas untuk menambah rasa gurih pada miso.

Miso
Miso (foto: resepdapoerboenda.blogspot.com)

Baca juga: Inilah 5 Makanan Khas Indonesia yang Perlu Kamu Tahu!

Nah itu 5 makanan khas Riau, kalau sudah pulang liburan dari Riau, jangan lupa ya ceritakan pengalamanmu di kolom komentar!

Baca juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *