8 Masjid Termegah & Terbesar di Indonesia

Masjid Dian Al Mahri

Masjid termegah di Indonesia sebenarnya terbilang cukup banyak. Sebagai salah satu negara yang mempunyai populasi umat muslim terbesar di dunia, masjid – masjid yang megah dan besar banyak dibangun di seluruh Nusantara. Masjid – masjid tersebut pun biasanya dijadikan salah satu tujuan wisata religi bagi masyarakat.

8 Masjid Termegah dan Terbesar di Indonesia

1. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal berlokasi di Jalan Taman Wijaya Kusuma, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Masjid ini dapat menampung sebanyak 200.000 jamaah. Tidak hanya menjadi masjid terbesar di Indonesia, Masjid Istiqlal menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara dengan luas mencapai 95.000 m2.

Keunikan dari masjid ini adalah letaknya yang berhadapan dengan Gereja Katedral Jakarta yang juga sama – sama megah. Hal ini pun lantas menjadi lambang toleransi umat beragama. Masjid Istiqlal kerap kali dijadikan tujuan wisata religi oleh masyarakat.

Menjadi salah satah satu masjid termegah di Indonesia, pembangunan Masjid Istiqlal pertama kali digagas oleh presiden pertama Republik Indonesia. Masjid ini selesai dibangun pada tahun 1978 dan menjadi masjid terbesar yang ada di Indonesia. Nama Istiqlal sendiri memiliki  arti Kemerdekaan.

Masjid Istiqlal
Masjid Istiqlal (foto: vizts.com)

2. Masjid Baiturrahman Aceh

Masjib Baiturrahman yang berlokasi di Aceh ternyata tidak hanya besar dan megah. Masjid ini menjadi sangat populer dan dikagumi banyak masyarakat sejak bencana Tsunami pada tahun 2004 silam. Salah satu masjid termegah di Indonesia ini menjadi satu – satunya bangunan yang selamat dari bencana yang menelan banyak korban jiwa tersebut.

Masjid Baiturrahman memiliki bangunan bergaya Kesultanan Turki Utsmani dan memiliki kolam air mancur di bagian depan masjid. Masjid ini mampu menampung jamaah hingga sebanyak 30.000 orang. Hal ini menjadikan Masjid Baiturrahman sebagai salah satu masjid termegah dan terbesar di Indonesia.

Pembangunan masjid yang terkenal di kalangan wisatawan yang datang ke Aceh ini selesai pada tahun 1881. Setelah terjadi bencana alam Tsunami, pemerintah melakukan renovasi dan menghabiskan biaya sebesar 20 miliar rupiah. Hingga saat ini Masjid Baiturrahman masih berdiri dengan kokoh dan megah.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Di Aceh yang Seru untuk Dikunjungi

3. Masjid Raya Makassar

Masjid Raya Makassar terletak di Jalan Masjid Raya, Bontoala, Makassar, Sulawesi Selatan. Masjid ini menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia dan menampung hingga 60.000 orang jamaah. Tak hanya besar, masjid ini juga sangat megah dengan arsitektur bangunan yang didominasi warna kehijauan.

Masjid Raya Makassar pertama kali dibangun pada tahun 1948 dan selesai pada tahun 1949. Masjid satu ini mengusung konsep peradaban Islam Eropa dengan kubah utamanya yang dibeli langsung dari Australia. Tidak heran jika ketika pertama kali menginjakkan kaki di masjid ini sensasi peradaban Islam Eropa akan sangat terasa.

Selain menjadi salah satu masjid termegah dan terbesar di Indonesia, Masjid Raya Makassar juga menjadi salah satu tujuan wisata religi. Salah satu daya tarik wisata dari masjid ini adalah adanya Al – Quran raksasa. Masyarakat berbondong – bondong ingin melihat Al – Quran yang berukuran 1 meter x 1,5 meter dan memiliki bobot mencapai 584 kg ini.

4. Masjid Islamic Center Samarinda

Masjid termegah di Indonesia selanjutnya adalah Masjid Islamic Center yang berlokasi di Jalan Slamet Riyadi, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Masjid yang sangat megah ini memiliki arsitektur bangunan khas Timur Tengah dengan detail – detail yang menawan. Selain itu berlokasi di samping sungai Mahakan menambah keindahan dari masjid ini sendiri.

Tidak hanya megah, masjid ini memiliki luas bangunan sebesar 43.500 m2 dan mampu menampung sebanyak 40.000 jamaah. Hal ini pun menjadikan Masjid Islamic Center Samarinda sebagai salah satu masjid terbesar di Indonesia. Selain menjadi tempat ibadah, masjid ini juga berfungsi sebagai pusat edukasi agama Islam yang banyak dikunjungi masyarakat.

Masjid Islamic Center Samarinda
Masjid Islamic Center Samarinda (foto: mozaicdunia.blogspot.com)

5. Masjid Rahmatan Lil ‘Alamin

Masjid Rahmatan Lil ‘Alamin berlokasi di Mekarjaya, Rancasari, Indramayu, Jawa Barat. Terkenal sebagai masjid termegah dan terbesar di Indonesia, masjid ini mampu menampung sebanyak 100.000 orang jamaah. Memiliki tinggi hingga 6 lantai, di dalam kompleks masjid juga ada Universitas Al – Zaytun yang menjadi tujuan edukasi pembelajaran Al-Quran dan Islam.

Konstruksi fondasi bangunan dan juga interior masjid ini dirancang sejak ratusan tahun yang lalu. Bangunannya sendiri disusun oleh konsep yang terstruktur dengan baik. Design, arsitektur, serta ornamen dibuat sangat cantik dan indah. Kelebihan masjid ini terletak pada fondasi bangunan yang tahan gempa karena menggunakan fondasi rakit.

Baca juga: 5 Hal yang Bisa Dilakukan di Taman Nasional Tanjung Puting

6. Masjid Kubah Emas Depok

Masjid termegah di Indonesia selanjutnya adalah Masjid Kubah Emas yang berlokasi di Meruyung, Depok, Jawa Barat. Terkenal dengan julukan Masjid Kubah Emas, masjid ini sebenarnya memiliki nama Masjid Dian Al Mahri. Tetapi karena memiliki kubah berwarna emas, lantas masjid ini populer sebagai Masjid Kubah Emas.

Salah satu daya tarik dari masjid adalah kubah yang berwarna emas pada bangunan masjid mirip dengan Masjid Al-Aqsha. Masjid yang dibangun dengan mewah dan memiliki ukuran besar ini mampu menampung jamaah sebanyak 20.000 orang. Selain sebagai tempat beribadah, Masjid Kubah Emas Depok juga sering menjadi wadah kuliah – kuliah Islam.

Masjid Kubah Emas Depok
Masjid Kubah Emas Depok (foto: garutexpress.id)

7. Masjid At-Tin

Masjid At-Tin berlokasi di Jalan Taman Mini I, Kota Jakarta Timur Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Berada di dalam kawasan Taman Mini Indonesia Indah, Masjid ini menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia dan mampu menampung sebanyak 10.000 orang jamaah. Arsitektur bangunan masjid ini juga bisa dibilang unik dan megah.

Masjid At-Tin dibangun untuk mengenang dedikasi Ibu Tien sebagai ibu negara pada saat Bapak Soeharto menjabat. Dibangun oleh para cucu presiden kedua Republik Indonesia, masjid ini juga menjadi salah satu tujuan wisata religi. Sedangkan Taman Mini Indonesia sendiri juga dibangun dan diprakarsai oleh Ibu Tien ketika beliau masih menjabat sebagai ibu negara.

8. Masjid Agung Surabaya

Masjid termegah di Indonesia yang terakhir adalah Masjid Agung Surabaya. Masjid ini berlokasi di Jalan Masjid Agung Tim. Nomor 1, Jambangan, Kota Surabaya, Jawa Timur. Masjid Agung Surabaya juga memiliki nama Masjid Nasional Al-Akbar. Dengan luas sebesar 18.000 m2, masjid ini mampu menampung jamaah sebanyak 59.000 orang.

Masjid Agung Surabaya banyak dikunjungi karena selain menjadi tujuan wisata religi, masjid ini juga terkenal sebagai objek fotografi. Dengan kubah berwarna biru kehijauan menjadikan masjid ini terlihat cantik saat dipotret. Selain itu pengunjung juga dapat naik ke puncak menara dan menikmati indahnya panorama Kota Surabaya.

Baca juga: 5 Air Terjun Populer Di Bali yang Mempesona

Itulah masjid – masjid termegah dan terbesar yang ada di Indonesia. Banyak yang mendatangi masjid – masjid tersebut untuk berwisata religi, tetapi tak sedikit yang datang untuk mengagumi indahnya arsitektur bangunan. Bahkan masjid – masjid tersebut akan sangat cantik ketika diabadikan dalam foto.

Baca juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *